10 Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan

manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan

Air putih memang berperan penting untuk kesehatan tubuh. Tidak
dipungkiri kalau terkadang minum air putih bisa sangat membosankan. Siasati kebosanan ini dengan menambahkan irisan atau perasan Buah lemon. Buah lemon menjadi salah satu varian jeruk yang banyak dinikmati juga amat menyegarkan.

Sari lemon sering dijadikan sebagai campuran dalam berbagai masakan. Namun juga bisa digunakan menjadi bahan perawatan kecantikan alami dan lemon sangat baik juga untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat lemon bagi kesehatan :

1. Melancarkan Pencernaan

Air lemon yang diminum dengan air hangat akan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, air lemon akan membantu memperbaiki fungsi hati, sehingga proses pencernaan makanan lebih baik dan lebih sehat. Lemon seperti pemurni darah dan agen pembersih, minuman yang baik setelah makan siang atau makan malam. Lemon juga membantu masalah mual ketika naiknya asam lambung, namun berhati-hati karena lemon tidak cocok dengan susu.

2. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium di dalam lemon sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kalium mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan untuk kedua pikiran dan tubuh. sehingga buah lemon banyak digunakan untuk mengurangi stres mental dan masalah depresi.

3. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Air lemon bersifat diuretik secara alami, yang artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan racun bersama dengan urin atau kotoran sisa pencernaan. Asam sitrat juga dapat membantu memaksimalkan enzim yang dihasilkan hati.

4. Merawat Kesehatan Mulut

Lemon dapat digunakan dalam pembersihan rutin gigi, namun jauhkan pasta gigi yang mengandung lemon pada mata. Jus lemon dapat diterapkan pada bagian gigi yang sakit, dapat membantu dalam menyingkirkan rasa sakit. Selai itu, lemon juga menghilangkan bau mulut yang dapat berasal dari berbagai penyakit dan kondisi gusi.

5. Menambah Kekebalan Tubuh

Buah lemon sangat tinggi kandungan vitamin C dan asam askorbat. Vitamin C dapat membantu mengurangi pilek dan asam askorbat membantu penyerapan zat besi yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat jeruk lemon untuk kecantikan :

6. Banyak Vitamin C

Dehidrasi bisa membuat kulit kering dan kusam. Maka bantu kulit menjadi lebih cantik dengan mengonsumsi air lemon secara teratur. Vitamin C yang ada dalam lemon memainkan peranan penting menjaga kesehatan kulit dan berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi penuaan.

7. Mengatasi Kulit Kering pada tumit dan lutut

Potongan jeruk lemon dapat mengatasi masalah ini. Gosokkan potongan jeruk lemon pada sisi kulit kering, seperti pada tumit dan lutut, biarkan hingga meresap ke kulit. Tidak perlu di bilas dengan air kembali.

8. Masker lemon mencerahkan kulit

Bagi kulit berminyak, sangat bermasalah sekali jika kulit wajah terlihat berkilap. Sari jeruk lemon dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.

9. Memperkecil pori-pori kulit

Pori-pori wajah yang terlihat agak melebar sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap pagi, dan jangan sari jeruk lemon, jangan sampai lebih dari satu minggu.

10. Mengurangi ketombe

Sari jeruk lemon, campurkan dengan minyak zaitun hangat. Pijat kepalamu perlahan-lahan dengan campuran lemon tadi dan diamkan selama 15 menit lalu bilas rambutmu dengan air dan gunakan conditioner rambut. Membuat ketombe berkurang tentu saja dengan pemakaian yang teratur.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Like dan share supaya semua orang tahu manfaat yang terkandung didalam jeruk lemon.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *