10 Manfaat Labu Siam atau Manisa Untuk Kesehatan

manfaat labu siam untuk kesehatan

manfaat labu siam untuk kesehatan

Labu siam biasa disebut manisa, gondes, waluh, jipang, atau labu siem merupakan buah dari tanaman menjalar yang bisa tumbuh di tanah yang basah dan lembab. Labu siam memiliki ciri kulit tipis berwarna hijau, dagingnya putih pucat dan terdapat biji tipis di dalamnya.

Labu siam termasuk sayur yang istimewa karena memiliki rasa yang renyah dan nikmat. Labu siam biasa diolah menjadi aneka menu masakan, antara lain : lodeh, oseng-oseng, lalapan, sambal goreng, campuran rujak uleg, dan manisan. Harga labu siam bisa dibilang cukup murah dan mudah ditemukan di tukang sayur maupun pasar tradisional.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu siam seperti labu – labu lainnya, merupakan sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya mengandung 16 kalori saja di dalam setiap 100 gramnya. Selain itu labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam juga mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga labu siam menjadi bahan makanan untuk menurunkan berat badan.

2. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Labu siam memiliki kandungan B complex yaitu Folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yakni 93mg dalam 100 gram atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan. Folat sendiri sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel, sehingga pada ibu hamil folat membantu pertumbuhan janin dan menghindarkan bayi dari cacat syaraf.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Labu siam tidak memiliki kandungan lemak jenuh, bahkan untuk kandungan kalorinya juga dalam jumlah sedikit. Karena itu labu siam dapat digunakan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi.

4. Sebagai Sumber Stamina

Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Di dalam labu siam, terdapat kandungan antioksidan yakni apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh kita.

6. Mengobati Batu Ginjal

Labu siam, khususnya daunnya dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.

7. Mencegah Sembelit

Labu siam bisa menambahkan asupan serat yang diperlukan tubuh kita. Serat tersebut akan memebantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi labu siam dipercaya bisa untuk menurunkan tekanan darah yang
tinggi. Dalam penelitian, labu siam digunakan sebagai teh atau dikonsumsi dalam bentuk minuman, dan hasilnya ternyata terbukti menurunkan tekanan darah.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Labu siam mengandung banyak vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C yang cukup banyak di dalam labu siam. Sebagai anti oksidan, vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti salah satunya adalah penyakit jantung.

10. Mencegah Anemia

Kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami
kekurangan darah merah atau anemia. Labu siam mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *