11 Manfaat Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

manfaat apel untuk kesehatan

manfaat apel untuk kesehatan

Apel merupakan salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang
merah. Apel (Malicus domestica) merupakan tumbuhan buah yang memiliki
rasa manis dengan kandungan banyak air untuk memberi kesegaran saat
melewati tenggorokan. Buah apel juga banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini mManfaat Apel Untuk Kesehatan:

1. Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Ternyata apel juga memiliki fungsi loh untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi
air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi

2. Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

3. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Baik untuk pencernaan

Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan berbagai vitamin dan mineral
yang mudah di cerna oleh tubuh, untuk itu, apel adalah salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan.

5. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

6. Detoksifikasi Hati

Detoksifikasi adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman yang semakin maju kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan mengandung ‘racun’ apakah itu dari minuman atau makanan. Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.

7. Mengkontrol gula darah

Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

8. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan
memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

9. Kulit Sehat dan Terawat

Bagi para wanita, memiliki kulit sehat merupakan sebuah impian. Apel merah sangat baik untuk dikonsumsi karena vitamin C pada apel merah dapatmenjaga kulit menjadi sehat, terawat dan lebih bercahaya secara alami.

10. Obat Diet Alami

Seringkali banyak wanita tidak mau tubuhnya gendut sehingga mereka harus mencari cara untuk menurunkan badannya. Mengkonsumsi apel merah secara
rutin dapat menjadi cara yang sehat dan alami untuk diet.

11. Mengatasi Diare dan Sembelit

Serat dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

Demikian artikel tentang apel ini bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. Share ya jika kalian suka dan like juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *