Bahan Tradisional untuk Mengatasi Rambut Rontok

kerontokan rambut

kerontokan rambut

Rambut adalah mahkota pada manusia khususnya para wanita. Rambut dianggap hal yang sangat penting karena dapat mempercantik seorang wanita dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Memiliki rambut yang indah, kuat, dan sehat adalah impian semua orang.

Tahukah anda bahwa rambut rontok itu merupakan hal yang wajar dan normal. Setidaknya rambut kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai, sedangkan jumlah rambut kita dapat mencapai 100 ribu helai. Namun jika kerontokan rambut lebih dari batas normal maka itu perlu dilakukan perawatan sehingga tidak menjadi semakin parah.

Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk perawatan rambut yang diklaim dapat mengatasi rambut rontok parah, namun ternyata masih banyak orang memilih cara tradisional menggunakan bahan alami. Yah, meskipun hanya menggunakan bahan alami ternyata hasilnya cukup efektif dan tentunya tidak memberikan efek samping pada kesehatan rambut.

Berikut ini bahan alami untuk mengatasi rambut rontok:

1. Putih telur
Aduk-aduk putih telur hingga menjadi pasta. Lalu gunakan pada rambut secara merata itu gunanya untuk memperlambat dan mengobati kerontokan pada rambut.

2. Lidah Buaya
Basahi rambut anda dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

3. Kemiri
Menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut anda. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut anda bersih.

4. Alpukat
Menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.

5. Yogurt
Oleskan pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.

6. Minyak esensial
Balurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala anda secukupnya dan lakukan juga pemijatan. Penerapan secara rutin 2 kali dalam seminggu dapat memberikan hasil yang maksimal.

7. Bawang putih
Caranya haluskan bawang putih dan gunakan sebagai masker rambut. Setelah itu tunggu selama beberapa menit dan langkah terakhir yakni keramas menggunakan shampo agar rambut anda bersih.

8. Teh hijau
Caranya buatlah teh panas seperti biasa dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin basuhkan air teh tersebut keseluruh rambut anda. Diamkan kurang lebih selama 1 jam dan bilas rambut anda dengan shampo.

9. Jeruk Nipis
Caranya cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

10. Jahe
Parut jahe tambahkan minyak wijen campur hingga merata kemudian gunakan pada kulit kepala Anda. Diamkan selama kurang lebih 10 menit setelah itu bersihkan hingga bersih dengan shampo.

11. Jangan di Sisir Saat Basah
Karena dalam kondisi basah resiko rambut patah semakin tinggi. Selain itu anda juga harus memilih sisir yang mempunyai gigi jarang agar tidak semakin parah dan bisa lebih diminimalisir kerontokan rambut anda.

Demikian bahan alami yang bisa mengurangi kerontokan rambut anda. Selain itu jaga pola makan anda dengan makan makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Pilih salah satu dan terapkan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Hindari gunakan shampo tiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *