perawatan untuk gigi berbehel

5 Tips Efektif Merawat Kawat Gigi (Behel)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

perawatan untuk gigi berbehel

Salah satu yang dapat membuat kita percaya diri adalah gigi rapi, sehat dan indah. Namun tidak semua beruntung dilahirkan dengan gigi yang baik dan cantik. Namun anda tidak perlu berputus asa sebab dengan banyaknya teknologi modern utamanya di bidang kesehatan, gigi yang dulunya tidak rata atau berjarang bisa diatasi dengan cara memakai behel.

Kawat gigi atau lebih dikenal dengan sebutan behel merupakan salah satu bentuk terapi untuk meratakan susunan gigi. Namun dewasa ini, behel seringkali dikaitkan dengan nilai estetika setelah tren behel fashion mencuat akhir-akhir ini di kalangan remaja. Berkembangnya dunia mode membuat tampilan behel termodifikasi menjadi bentuk yang unik dan berwarna-warni. Untuk model behel yang seperti ini, jelas pemakainya akan menunjukkan penampilan yang lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

Namun sebagian dari mereka belum tahu betul cara merawat gigi behel. Banyak dari mereka mangaku menggunakan gigi behel untuk mengikuti trend yang sedang berkembang, ada juga yang memang karena rekomendasi dari dokter untuk menjaga kesehatan gigi atau perawatan gigi agar terlihat lebih rapi dan sehat.

Berikut ini tips perawatan gigi behel agar bisa rapi dan sehat tanpa melukai gigi:

1. Gunakan Pasta Gigi dan Sikat Gigi Khusus

Gunakan sikat gigi khusus behel yaitu sikat Ortodontis. Karakteristik sikat gigi ini adalah bulu sikatnya yang lebih halus dan lembut. Kamu harus rutin sikat gigi Anda minimal dua kali sehari bahkan setelah makan usahakan sikat gigi lagi. Ketika Anda menyikat gigi, pertama lakukan tanpa pasta gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada behel atau di sela-sela gigi. Kemudian, setelah itu menyikat dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi juga harus yang mengandung fluoride.

2. Gunakan Benang Gigi/ Dental Foss

Terkadang menggunakan sikat gigi saja tidak cukup membersihkan gigi dari kotoran, jika kotoran tersebut tidak dibersihkan maka akan menimbulkan tebentuknya karang yang bisa berakibat buruk ketika karang tersebut menumpuk. Untuk memudahkan kamu dalam membersihkan karang gigi menggunakan benang.

3. Gunakan Obat Kumur

Sikat gigi secara teratur dan menggunakan pasta gigi yang tepat saja
tidak cukup untuk merawat mulut dan gigi. Terkadang, penggunaan behel malah dapat memperburuk keadaan gigi dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Obat kumur sangat dianjurkan karena sifatnya yang cair dan bisa menjangkau sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi dan benang gigi. Dan obat kumur yang khusus untuk pengguna behel untuk mencegah gigi keropos, bau mulut, gusi bengkak, dan masalah mulut & gigi lainnya.

4. Hindari Permen Karet & Makanan Keras

Untuk menyempurnakan terapi kawat gigi, sebaiknya Anda menghindari sementara memakan makanan dengan tekstur yang keras dan lengket atau kenyal seperti es batu, karamel, permen karet, berondong jagung dan lain-lain. Jauhi minuman yang bersoda karena minuman dengan kandungan asam ini akan menyebabkan pembentukan plak di sekitar kawat gigi.

5. Perawatan Rutin di Dokter Gigi

Periksa gigi minimal 6 bulan sekali di dokter gigi, konsultasikan segala keluh kesah kamu kepada dokter gigi. Setiap orang memiliki masalah tersendiri yang kadang tidak bisa diatasi dengan perawatan gigi behel diatas. Dokter gigi senantiasa memberikan arahan dan masukan agar kamu melakukan perawatan khusus yang sesuai dengan keluh kesahmu.

Demikian tips merawat gigi yang berbehel. Semoga bermanfaat.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *