6 Efek Samping Kebanyakan Minum Susu Kedelai Bagi Kesehatan

efek samping susu kedelai

efek samping susu kedelai

Memang susu kedelai dikenal sebagai pengganti yang alergi dengan susu sapi. Meskipun menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita, namun ada juga efek samping susu kedelai bagi kesehatan yang perlu anda ketahui dan dipahami. Susu kedelai (soybean milk) merupakan minuman nabati yang banyak mengandung protein, vitamin, dan serat yang baik untuk kebutuhan tubuh pria maupun wanita.

Berikut ini efek samping dari susu kedelai :

1. Dapat menyebabkan kembung

Karna kandungan protein yang tinggi maka susu kedelai dapat menyebabkan
peningkatan produksi gas, meskipun jumlah gas yang dihasilkan itu tergantung dari seberapa banyak konsumsi susu kedelai dan seberapa kuat tingkat toleransi tubuh Anda.

2. Dapat menyebabkan gangguan tiroid

Susu kedelai mengandung goitrogens yang dapat mengakibatkan gangguan pada
penyerapan yodium dan menyebabkan membesarnya kelenjar tiroid dalam tubuh.

3. Dapat menyebabkan kekurangan nutrisi

Karena tidak melalui proses fermentasi maka susu kedelai banyak mengandung asam fitat yang dapat mencegah penyerapan vitamin esensial dan mineral dalam saluran pencernaan. Dan ini yang menjadi penyebab utama seseorang yang mengkonsumsi susu kedelai kekurangan nutrisi.

4. Dapat menyebabkan alergi kedelai

Alergi kedelai dapat membuat seseorang mengalami muntah, rasa gatal, batuk, wajah membengkak, sakit perut atau diare bahkan hingga pingsan. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki susu kedelai (soybean milk) sangat tinggi sementara kinerja lambung kita tidak dapat optimal dalam mengolahnya.

5. Susu formula kedelai
Susu yang terbuat dari bahan kedelai seperti formula yang dikhususkan untuk bayi sebenarnya tidak dianjurkan untuk bayi yang belum genap usia 2 tahun. Hal ini karena kandungan lemak dalam susu kedelai tersebut lebih sedikit bila dibandingkan dengan susu sapi.

Bayi di usia 1 tahun masih harus memenuhi banyak asupan lemak untuk perkembangan otak dan perkembangan bayi. Jika masih saja si bayi diberi asupan susu kedelai padahal belum menginjak usia 2 tahun maka dikhawatirkan menimbulkan dampak negatif susu kedelai seperti resiko terhadap alergi.

6. Asam fitat

Susu kedelai yang tidak difermentasi mengandung jumlah asam fitat yang banyak, yang dapat mencegah tubuh menyerap mineral dan vitamin esensial dalam saluran pencernaan. Ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan masalah kesehatan, meskipun mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral esensial. Penerapan mineral seperti kalsium, yodium, dan besi juga dapat terhambat, dan kita semua tahu bahwa mineral-mineral ini sangat penting agar tubuh dapat berfungsi dengan benar.

Demikian penjelasan tentang efek samping dari susu kedelai. Semoga
bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *