daun pepaya yang banyak khasiatnya

8 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

daun pepaya yang banyak khasiatnya

Daun pepaya terkenal memiliki rasa yang pahit, namun dibalik rasa yang pahit tersebut banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh sehari-hari. Jika kita mengolahnya dengan benar, maka rasa pahit tersebut akan sedikit hilang sehingga enak untuk disajikan bersama menu lalapan. Tidak sedikit yang menyukai daun pepaya ini untuk menu makanan meskipun dengan ciri khas rasa pahit. Daun pepaya biasanya disajikan bersama dengan bunganya.

Kandungan gizi daun pepaya

  • Vitamin B, A, C, D, E
  • Kalsium

Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas.

Berikut ini Manfaat Daun Pepaya bagi Kecantikan dan Kesehatan:

1. DAUN PEPAYA SEBAGAI OBAT JERAWAT

Tips daun pepaya sebagai obat jerawat ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

2. OBAT DEMAM BERDARAH

Tips daun pepaya sebagai obat demam berdarah caranya, campur lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

3. OBAT ANTI KANKER

Dengan mengkonsumsi daun pepaya baik dimasak dengan cara apapun, kita bisa mendapatkan manfaat dari getah putih atau yang dalam bahasa latin disebut white milky latex. Getak putih inilah yang terdapat dalam daun pepaya dan berpeluang dikembangkan sebagai antikanker.

4. PEPAYA DAPAT MENAMBAH NAFSU MAKAN

Cara pertama yang harus anda siapkan adalah daun pepaya segar yang seukuran dengan telapak tangan anda, siapkan pula sedikit garam, dan air hangat setengah seperdua cangkir atau secukupnya sesuai dengan kebutuhan anda. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau di blender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan cara ini sangat baik untuk menambah nafsu makan anak-anak anda sekali pun.

5. PENGONTROL TEKANAN DARAH

Caranya, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

6. OBAT ANTI NYERI SAAT HAID

Caranya ambilah sehelai daun pepaya pepaya segar, lalu siapkan asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak atau mendidih. selanjutnya tunggu sampai air rebusan menjadi dingin sebelum anda meminumnya.

7. BAIK UNTUK PENCERNAAN

Daun pepaya mengandung zat karpin, yaitu zat yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang sering mengganggu sistem pencernaan. Anda dapat mengkonsumsi daun pepaya dengan cara direbus untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Konsumsi setiap hari selama beberapa hari minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

8. MELANCARKAN ASI

Daun pepaya juga bisa digunakan sebagai sayuran untuk melancarkan ASI. Herba pelancar ASI seperti daun pepaya efektif jika dikonsumsi pada awal masa menyusui. Selanjutnya, kelancarannya tetap bergantung pada hisapan bayi.

Tips Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Masih banyak orang yang memang tidak menyukai dengan rasa pahit daun pepaya, namun dengan tips berikut ini manfaat daun pepaya dapat diperoleh dengan menghilangkan rasa pahit yang terkandung pada daun pepaya. Daun pepaya yang sudah dibersihkan direbus dengan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian setelah direbus dapat dibilas dengan air dan diolah sesuai resep. Dengan cari lain yang lebih simpel, dapat direbus saja dengan garam sampai layu dan kemudian di bilas lagi dengan air dan rebus lagi sampai matang untuk dapat diolah untuk berbagai masakan.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *