Alasan Kenapa Tidak Baik Konsumsi Junk Food

makanan yang tidak baik untuk kesehatan

makanan yang tidak baik untuk kesehatan

Semua masyarakat jaman sekarang selalu ingin yang mudah dan instan tanpa memikirkan efek samping yang akan dialami nantinya. Maka dari itu sekarang banyak banget macam-macam nama penyakit karena pola makan yang tak sehat yang sudah biasa dilakukan oleh sebagian masyarakat modern. Karena kita tak perlu menunggu terlalu lama setelah kita memesannya direstoran.

Makanan junk food itu belum tentu jelas kebersihannya dan bahannya. Biasanya juga dari bahan yang diawetkan itu yang membuat makanan junk food itu tidak baik. Apalagi sistem pengolahan yang biasanya terlalu singkat. Mengandung gula, lemak, natrium, karbohidrat kosong, bahkan gula buatan dan bahan pengawet paling banyak.

Makanan cepat saji umumnya memiliki rasa yang menggoda, dan paling sering membuat ketagihan setelah makan pertama kali terutama anak-anak. Anak anak biasanya juga suka meniru teman-teman mereka yang sudah makan makanan seperti itu. Junk food pada umumnya rendah nutrisi, namun tinggi kalori yang kebanyakan dari gula tambahan, pati atau lemak. Dengan demikian dampak buruk junkfood bagi kesehatan sudah bisa diprediksi. Walaupun anak anak suka, sebaiknya tidak terlalu sering untuk memberikannya kepada mereka.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti ini tidak baik untuk kesehatan. Namun sayangnya, hal seperti itu tampaknya tidak digubris sama sekali, dan tetap saja masih banyak masyarakat yang rutin mengonsumsinya.

 

Inilah macam-macam penyakit yang bisa disebabkan makanan fast food:

1. Kenaikan Berat Badan dengan cepat
Seringkali menimbulkan berat badan yang berlebihan atau bahkan obesitas. Karena seringkali rasanya enak, sehingga cenderung membuat anak makan berlebihan dan ketagihan.

2. Diabetes Tipe 2
Jika seseorang sudah mengalami obesitas, atau diet tinggi karbohidrat dan tinggi glikemik, seperti gula. Seseorang tidak bisa dengan baik mengatur tingkat gula darahnya risikonya terkena diabetes 2. Diabetes tipe 2 juga meningkatkan risiko gagal ginjal.

3. Kekurangan Gizi
Makanan junk food itu tidak ada nutrisinya di dalamnya. Padahal anak kecil itu seharusnya harus banyak nutrisi untuk pertumbuhannya.

4. Penyakit Kardiovaskular
Makanan cepat saji juga seringkali tinggi lemak jenuh, yang sangat meningkatkan kolesterol LDL (koloesterol jahat), sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada anak-anak.

Jadi mulai dari sekarang anda harus cermat memilah-milah makanan yang tepat untuk anak dan kesehatan anda sendiri. Semoga artikel ini dapat mengubah pola hidup anda dan menjadikan hidup anda sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *