Bahaya Akibat Kurang Tidur Malam Bagi Kesehatan

Bahaya Akibat Kurang Tidur Malam Bagi Kesehatan

Anda tidak akan percaya bahwa bahaya akibat kurang tidur sangat mematikan di berbagai sisi baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidur merupakan kebutuhan wajib semua orang dan semua usia. Bayi yang baru dilahirkan memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak, sementara orang dewasa dan lanjut usia paling tidak bisa tidur selama kurang lebih tujuh hingga delapan jam.

Bahaya Akibat Kurang Tidur Malam Bagi Kesehatan

Namun terkadang orang dewasa dan lanjut usia tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur. Ada berbagai sebab yang sangat berbeda-beda mulai dari aktifitas pekerjaan dan kondisi psikologis. Masalahnya adalah ternyata tidur memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah seperti tidur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur metabolisme, meningkatkan produkstivitas dan berbagai manfaat lain.

Tapi ternyata kebiasan kurang tidur bisa menyebabkan bahaya yang tidak pernah kita duga. Berikut ini adalah beberapa masalah dan bahaya akibat kurang tidur.

  1. Gangguan Kemampuan Belajar

Bagi pelajar dan mahasiswa atau semua orang yang menjalankan sedang menjalani program studi maka kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena kurang tidur akan membuat otak kurang konsentrasi, tidak bisa memiliki ingatan yang baik, tidak bisa menggunakan nalar dengan baik dan sulit untuk menemukan solusi masalah. Bagi orang yang sedang menjalani studi maka akibatnya bisa sangat komplek seperti penundaan kelulusan dan penurunan prestasi. Tidur bisa membuat otak mengalami proses yang menyenangkan seperti meningkatkan kekuatan ingatan dan menyimpan memori.

  1. Kecelakaan Lalu Lintas

Mengantuk karena kurang tidur sering menjadi salah satu masalah penyebab kecelakaan lalu lintas. Masalah ini sering kita jumpai seperti pada kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Mengantuk saat menyetir biasanya memberikan efek halusinasi, terbang dan perasaan was-was yang sangat rendah.Dampaknya bisa sangat besar karena membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain sesame pengguna jalan. Jadi pastikan Anda tidur cukup sebelum menyetir jarak jauh maupun jarak dekat.

  1. Menurunkan Tingkat Libido

Bagi pasangan yang sudah menikah, maka kurang tidur bisa menyebabkan masalah libido rendah yang sangat berat. Kondisi ini bisa disebabkan karena tubuh kurang energi yang cukup, perasaan mengantuk yang sulit untuk ditahan dan masalah gangguan kesehatan pada pria seperti impotensi dan ejakulasi dini.

  1. Menurunkan Kadar Testosteron pada Pria

Pria yang memiliki kebiasaan begadang atau aktifitas lain yang menyebabkan tubuh kurang tidur juga akan terancam memiliki kadar testosteron yang sangat rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan seorang pria memiliki tingkat kesuburan yang sangat rendah serta tingkat keinginan seksual yang rendah. Dampaknya tentu sangat berbahaya karena keseimbangan hormon akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Terapi hormon bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini namun tentu ada efek samping yang tidak Anda harapkan.

  1. Depresi

Kurang tidur karena berbagai sebab juga bisa menyebabkan depresi yang sangat berat. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasan hanya tidur selama kurang dari enam jam perhari. Gejala yang paling sering di temukan adalah seperti rasa cemas berlebihan, menjadi lebih sensitive, mudah tersinggung dan kondisi badan yang kurang sehat. Depresi bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk jantung dan kanker.

  1. Penampilan Kulit yang Buruk

Kulit menjadi salah satu cara untuk mengukur kesehatan tubuh. orang yang memiliki kebiasaan tidak tidur cukup maka cenderung memiliki penampilan kulit yang kurang cerah, pucat, loyo, keriput dan muncul garis halus. Bagi wanita yang memiliki kebiasaan ini maka akan terlihat lingkaran bengkak pada bagian mata. Hal ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan hormon stress yaitu kortisol yang lebih banyak. Kortisol yang terlalu banyak bisa merusak kolagen sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak kenyal dan elastis.

  1. Menghambat Pertumbuhan

Bayi yang baru dilahirkan memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak, kemudian akanĀ  berkurang sesuai dengan penambahan umur. Sebenarnya ketika tidur maka proses metabolisme untuk pertumbuhan sedang berjalan tanpa kita sadari. Akibatnya jika kurang tidur maka tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang sangat sedikit. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan masa otot yang lemah, tulang yang kurang kuat dan kulit yang tidak elastis. Bahkan juga bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh diberbagai titik tubuh.

  1. Obesitas

Sebenarnya ketika tubuh kurang tidur maka biasanya akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dan rasa lapar yang berlebihan. Kondisi ini kemudian akan membuat Anda ingin makan dan memicu kegemukan. Rangsangan rasa lapar ketika kurang tidur disebabkan karena adanya kiriman leptin yabng membuat otak memiliki dorongan makan yang besar. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tentu akan membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk. Ancaman obesitas akan meningkatkan masalah penyakit lain seperti diabetes, jantung, stroke dan ginjal.

Tips Agar Tubuh Bisa Tidur Cukup dan Nyaman

  1. Buat jadwal tidur yang teratur dan selalu bangun pada jam yang sama setiap hari. Langkah ini akan membuat tubuh memiliki jam tidur otomatis. Anda bisa menyesuaikan dengan aktifitas sehari-hari.
  2. Buat suasana kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman seperti mematikan lampu, mengganti sprei dan sarung bantal atau guling agar selalu bersih dan nyaman.
  3. Buat suasana tidur menjadi lebih nyaman seperti sambil mendengarkan musik yang santai.
  4. Jika Anda memiliki kebiasaan sulit tidur pada malam hari maka jangan pernah untuk tidur pada siang atau sore hari. Tidur pada jam tersebut bisa menyebabkan gelisah dan sulit tidur pada malam hari.
  5. Lakukan olahraga atau latihan secara rutin setiap hari. Anda bisa melakukan berbagai latihan rutin seperti jalan kaki, berlari atau senam.
  6. Hindari alkohol, kafein atau rokok karena bisa menyebabkan Anda sulit tidur pada malam hari.
  7. Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak menjelang tidur.
  8. Lakukan beberapa aktifitas ringan sebelum tidur seperti membaca buku sambil bersantai hingga merasa mengantuk.
  9. Jangan menggunakan ponsel atau gadget karena layar biru pada gadget bisa membuat otak menjadi aktif dan sulit tidur.
  10. Tidurlah di tempat atau ruangan yang menurut Anda paling nyaman sesuai dengan tingkat mood harian Anda.

Jadi ada berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit tidur. Mengingat ada banyak potensi penyakit karena kurang tidur maka sebaiknya mengatur waktu tidur yang cukup bisa menjadi solusi yang paling mudah dilakukan. Hindari kebiasaan begadang yang bisa meningkatkan resiko penyakit kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *