penyakit mata

Berbagai Jenis Penyakit Mata Dan Penyebabnya

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

penyakit mata

Mata adalah organ terpenting bagi manusia. Dengan mata kita dapat menikmati kehidupan dunia dan mengetahui segalanya. Namun mata juga seperti organ tubuh lain yang bisa terkena penyakit dan fungsinya mengalami penurunan.

Namun gangguan kesehatan mata dulu kita kenal hanya belekan dan merah. Ternyata banyak macam penyakit mata merah ini sangat banyak sekali. Ada berbagai jenis penyakit mata yang bisa menyerang siapa saja termasuk bayi, anak-anak, remaja hingga orang lanjut usia.

Bagi semua yang mempunyai mata yang masih sehat hal terpenting yang patut dilakukan adalah dengan menjaganya. Untuk itu tidak ada salahnya bagi kita bersama-sama mengetahui apa saja penyakit yang biasanya menyerang mata dan apa penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyakit yang menyerang mata mudah-mudahan kita bisa lebih waspada dan lebih bisa menjaga mata kita.

Berikut penyakit mata yang sering menyerang kita diantaranya :

1. KONJUNGTIVITIS

Konjungtivitis adalah iritasi akibat infeksi bagian selaput yang
melapisi mata. Gejala penyakit mata ini biasanya mata memerah, berair, gatal, terasa nyeri, keluar belekan & penglihatan kita menjadi kabur. Konjungtivitis mudah menular dan umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti alergi (debu, serbuk, bulu, angin / asap), infeksi bakteri, penggunaan lensa kontak yang kurang bersih.

2. KERATOKONJUNGTIVITAS VERNALIS (KV)

Keratokonjungtivitas adalah peradangan pada bagian kornea (selaput bening) akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit pada mata. Gejala penyakit mata ini: berair, gatal, mata merah, kelopak mata bengkak & banyak keluar belek. Perlu diketahui KV merupakan peradangan musiman cenderung kambuh terutama pada musim panas.

3.ULKUS KORNEA (UK)

Ulkus kornea adalah infeksi pada bagian luar kornea. Biasanya penyakit mata seperti ini disebabkan beberapa jenis bakteri, seperti
stafilokokus, pseudomonas dan pneumokokus. Penyebab awal bisa karena mata kelilipan. UK terkadang terjadi di seluruh.

 

 

 

 

4. SELULITIS ORBITALIS (SO)

Selulitis orbitalis adalah peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejala penyakit mata ini berupa kelopak mata bengkak, bola mata menonjol & bengkak, mata merah, nyeri, serta penderita mengalami demam. Sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus/infeksi yang berasal dari gigi. SO yang tak segera ditangani bisa berakibat fatal, seperti kebutaan, infeksi otak/pembekuan darah di otak.

5. TRAKOMA

Trakoma adalah infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini berkembang sangat baik di lingkungan yang kotor/bersanitasi buruk. Penularan penyakit mata trakoma berlangsung saat anak menggunakan benda yang sudah tercemari Chlamydia seperti sapu tangan dan handuk.

6. DAKRIOSISTITIS

Penyebab dakriosistitis adalah penyumbatan yang terjadi pada saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut. Akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah & bengkak, bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah & penderita mengalami demam.

7. BLEFARITIS

Blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata sebab terjadinya produksi minyak yang berlebihan yang berasal dari kelenjar minyak tersebut.

8. ENDOFTALMITIS

Endoftalmitis merupakan infeksi yang terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya terjadi sebab mata anak tertusuk sesuatu seperti jarum/benda tajam lainnya.

Demikian artikel dari kami. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan mata anda dengan baik.

 

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *