Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Plak dan karang gigi merupakan kotoran yang selalu menempel pada gigi dan sangat sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Pada dasarnya karang gigi merupakan akibat dari sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga lama kelamaan menjadi kerak yang terus menempel erat pada gigi. Saat makan pastinya gigi akan menjadi kotor, akan ada kotoran yang menempel pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi berkarang bila tidak segera di bersihkan.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Masalahnya adalah kemalasan gosokĀ gigi sebelum dan setelah tidur. Cara membersihkan karang gigi dan mencegahnya adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Jika malas menggosok gigi maka sisa-sisa makanan dan kotoran yang ada pada gigi akan terus berkembang menjadi kerak. Oleh karenanya sikat gigi secara teratur sangatlah penting.

Penyebab Karang Gigi

Sebelum membahas cara membersihkan karang gigi, ada baiknya anda tahu penyebab terjadinya plak dan karang gigi, yaitu antara lain :

  • Tidak rutin menggosok gigi saat sebelum dan sesudah tidur. Selain itu kurang bersih menggosok gigi, sehingga sisa-sisa makan masih bersembunyi di sela-sela gigi.
  • Terlalu sering makan-makanan yang manis. Jika anda menyukai makanan yang manis, maka beresiko menimbulkan karang gigi. Tidak perlu berlebihan mengkonsumsi kismis, cokelat, permen, kue tart dan makanan manis yang mudah lengket di gigi anda.
  • Tidak rajin berkumur. Berkumur memang hal yang sepele namun sangat efektif untuk menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi. Biasakan berkumur setelah makan.
  • Merokok. Kalau anda perokok berat, sudah pasti gigi anda penuh dengan karang gigi. Tembakau dan asap rokok dapat menyebabkan karang gigi dan gigi kekuningan.

Cara Alami untuk Menghilangkan Karang GigiĀ 

  • Cengkih
    Rempah satu ini ternyata ada khasiat tersembunyi yang mungkin sebagian orang belum tahu. Hanya dengan tujuh butir cengkih yang kemudian ditumbuh secara halus, Anda sudah bisa menggunakan bahan ini dengan menggosokkan tumbukkannya ke karang gigi Anda. Lakukan secara perlahan supaya gusi tidak terluka. Atau jika mau, bubuk racikan cengkih tersebut bisa dipakai untuk berkumur setiap hari dengan rutin untuk hasil maksimal dan karang gigi cepat hilang.
  • Jauhi Makanan Mengandung Tepung dan Gula
    Ketahui apa penyebab karang gigi Anda; biasanya plak gigi itu dipicu oleh makanan yang mengandung tepung dan gula. Jadi, akan lebih baik jika bisa menjauhi kedua jenis makanan tersebut, atau mengurangi konsumsinya supaya karang gigi bisa dihindari. Atau, tepat setelah memakan makanan bertepung dan manis-manis, langsung gosok gigi atau cukup berkumur dengan cairan pembersih mulut supaya plak tidak menempel dan bertumpuk.
  • Baking Soda
    Cara ampuh lain yang aman dan tanpa efek samping adalah cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda. Bahannya cukup mudah ditemukan dan bisa dibeli di pasar swalayan terdekat. Penggunaannya terbilang sederhana karena Anda hanya tinggal menuangkan baking soda satu sendok saja ke sebuah wadah kecil, lalu sikat gigi bisa dibasahi dengan air. Leletkan sikat gigi ke baking soda yang ada pada wadah tadi karena baking soda di sini menjadi pengganti pasta gigi yang biasanya Anda gunakan.
  • Pasta Gigi Khusus
    Untuk mengatasi karang gigi, ada pasta gigi khusus yang didesain dan diproduksi untuk membantu meminimalisir karang gigi. Jika penasaran bagaimana cara memilih pasta gigi khusus yang benar, caranya mudah karena Anda hanya tinggal memilih yang ada komposisi tartar control dan fluoridnya karena karang gigi bakal dihilangkan dengan kedua zat tersebut.
  • Biji Asam Kawak
    Ini dia cara menghilangkan karang gigi secara tradisional lainnya. Setelah membeli dan menyiapkan bahan alami satu ini, biji bisa langsung disangrai. Lalu, biji asam kawak bisa ditumbuk atau diblender sampai bentuknya menjadi bubuk. Gosoklah daerah gigi Anda yang terdapat karang gigi atau plak dengan menggunakan bubuk tersebut; untuk lebih mudah dalam pengaplikasiannya, gunakan kapas atau sikat gigi saja.
  • Menyikat Gigi dengan Tepat
    Menggosok gigi setiap hari secara rutin tidak menjamin hal yang dilakukan sudah benar dan tidak ada plak yang datang. Kotoran pada gigi tidak akan bisa dibersihkan dengan total kalau cara menyikat gigi dilakukan secara tidak tepat. Sebelum kotoran membentuk karang gigi, coba gosok gigi Anda dengan cara membuat gerakan memutar seperti membentuk lingkaran dari bawah ke atas saat menyikat gigi bagian depan. Menyikat gigi bukan dari arah kiri ke kanan alias menyampung seperti saat Anda menyetrika pakaian. Benahi cara menyikat gigi dan perhatikan cara menghilangkan karang gigi dengan alami tersebut.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa anda praktekkan secara mudah di rumah. Jaga kesehatan mulut dan gigi anda karena jika terkena sakit gigi maka akan sangat merepotkan. Rutinlah melakukan perawatan dan jangan malas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *