Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak dengan Cepat

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak dengan Cepat

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Tak jarang banyak diantara kita yang mengalami gusi bengkak. Rasanya pasti sangat sakit sekali, terasa berdenyut bahkan sampai ke bagian kepala seakan-akan mau pecah. Jika dibiarkan gusi bengkak bisa menyebabkan munculnya sakit gigi, ini karena gusi merupakan jaringan kokoh yang menempel di bagian bawah gigi.

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak dengan Cepat

Gusi bengkak termasuk hal yang sudah umum ditemui. Biasanya ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Pada sebagian kasus, gusi bengkak yang terjadi bisa cukup besar sampai menutupi gigi. Sebelum kita bahas mengenai cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya kenali dulu beberapa penyebab gusi bengkak, karena penderita itu penyebabnya berbeda.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami dengan Mudah

1. Temukan penyebabnya

Mengetahui penyebab gusi bengkak hukumnya wajib. Tujuannya adalah agar kita bisa mengatasi gusi bengkak secara optimal. Coba ingat-ingat kembali apa saja yang akhir-akhir ini kamu lakukan.

Apakah kamu mengganti pasta gigi dengan yang baru, mengganti obat kumur, atau justru konsumsi obat-obatan tertentu. Apabila sudah ketemu penyebabnya, segera atasi.

Misalnya jika penyebab gusi bengkak adalah pasta gigi atau obat kumur, maka kamu bisa mengganti dengan yang lebih cocok. Namun apabila tidak ada perubahan, gunakan obat gusi bengkak alami yang akan saya bagikan nanti.

Jaga kebersihan gigi dan mulut

Gangguan ringan, seperti gusi bengkak, umumnya dapat ditangani dengan memberikan perhatian lebih pada kebersihan mulut. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat kamu lakukan dengan cara:

  • Gosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Ketika mengalami gusi bengkak usahakan memakai sikat gigi yang lembut. Selain itu, pastikan jangan menggosok gigi terlalu kasar, lebih baik gosok gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar.
  • Flossing atau membersihkan gigi dengan memakai benang khusus gigi.
  • Berkumur-kumurlah setelah makan untuk membuang sisa makanan yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi. Bila perlu, gunakan obat kumur yang sudah terkenal akan kualitasnya.

Berkumurlah dengan air garam hangat

 

Cara mengatasi gusi bengkak dengan air garam:

  • Sediakan air hangat sebanyak 1 gelas
  • Tambahkan satu sendok teh garam dapur
  • Aduk-aduk hingga semua garam terlarut sempurna
  • Gunakan air tadi untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama pada gusi bengkak. Ulangi lagi sebanyak 4-5 kali sehari.

Banyak minum air putih

Tidak semua minuman itu baik untuk kesehatan. Beberapa minuman tinggi glukosa seperti soda, kopi, teh, dan beralkohol dapat merusak gigi serta mengakibatkan radang gusi. Oleh sebab itu, jika saat ini kamu mengalami gusi bengkak sebaiknya jauhi minuman tersebut.

Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak konsumsi air putih. Banyak minum air dapat mencegah pembentukan plak atau karang gigi setelah makan. Para ahli merekomendasikan agar kamu mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, atau sekitar 2-3 liter.

 

Pilih salah satu ramuan alami berikut

Kadang mengatasi gusi bengkak dengan beberapa kebiasaan sehat diatas saja tidak cukup. Kamu perlu ramuan khusus untuk mengobati gusi bengkak dengan cepat. Apa sajakah itu?

  • Kantung teh

Menurut penelitian, asam tannic yang terdapat dalam kantung teh memiliki potensi besar untuk meringankan infeksi gusi dan iritasi yang menyebabkan gusi bengkak secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, celupkan kantong teh kedalam air panas, angkat lalu biarkan sampai dingin. Setelah itu, tempelkan kantung teh tadi ke bagian gusi bengkak selama 5 menit. Lakukan berulang sampai agak mendingan.

  • Madu alami

Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakterial yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak akibat gingivitis. Oleskan madu secukupnya  ke bagian gusi bengkak setelah kamu menyikat gigi. Namun, jangan terlalu banyak mengoleskan madu ya, karena rasa manisnya dapat menyebabkan ngilu.

  • Baking soda

Beberapa penelitian membuktikan baking soda dapat menetralisir asam yang ada dalam mulut. Atas dasar inilah baking soda ampuh untuk mengobati gusi bengkak, penyakit gusi, dan kerusakan gigi.

Menyembuhkan gusi bengkak dengan baking soda terbilang mudah. Pertama larutkan baking soda secukupnya kedalam air hangat hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke bagian gusi bengkak dan diamkan meresap.

  • Bawang merah

Bawang merah mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang gusi, sakit gigi berlubang, dan gusi bengkak. Meskipun belum ada penelitian terkait, tapi saya sudah membuktikan sendiri khasiatnya.

Untuk hasil terbaik tambahkan campurkan halusan bawang merah dengan garam. Kemudian oleskan secara merata ke bagian gusi bengkak. Diamkan sampai meresap, lalu berkumurlah dengan air hangat.

Itulah ulasan singkat mengenai cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa saya sajikan. Selamat mencoba.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *