Cara Alami Merawat Wajah yang Berminyak

Cara Alami Merawat Wajah yang Berminyak

Cara Alami Merawat Wajah yang Berminyak

Kulit wajah yang berminyak disebabkan karena kelebihan sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Sebum merupakan zat lilin yang berfungsi membantu melindungi kulit, namun sebum yang berlebihan bisa mengakibatkan kulit wajah jadi berminyak dan rentan terhadap jerawat.

Cara Mengatasi wajah Berminyak dengan Bahan Alami

1. Cuka untuk Exfoliation

Cuka merupakan exfoliation alami dan anda bisa menggunakan cuka sari apel atau cuka putih untuk mengelupas kulit anda. Gunakan kapas yang bersih, oleskan cuka pada wajah, biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Untuk kulit sensitif bisa mencampurkan cuka dengan air. Anda juga bisa membekukan cuka untuk efek pendingan. Perawatan dengan cuka ini dapat membantu mengendalikan kulit berminyak dan jerawat. Terapkan perawatan ini secara konsisten sebelum tidur selama 2-3 minggu.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat bagus untuk kulit. Untuk mengendalikan kulit wajah berminyak, gunakan gel lidah buaya pada wajah anda 3 kali sehari.

3. Kuning Telur

Kuning telur bisa membantu mengendalikan minyak berlebih pada wajah. Gunakan cotton pad yang bersih dan oleskan kuning telur hanya pada bagian wajah yang berminyak, biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Scrub Almond dan Madu

Kombinasi madu dan almond dapat menjadi scrub wajah yang fantastis. Haluskan almond sampai lembut dan tambahkan madu, aduk hingga berbentuk pasta. Gunakan kain bersih yang hangat, usapkan scrub pada wajah dengan sedikit tekanan untuk menghindari iritasi kulit. Bilas scrub dengan air dingin.

5. Lemon dan Madu

Lemon dan madu juga merupakan obat alami yang dapat membantu mengendalikan wajah berminyak. Kandungan asam sitrat dalam lemon bermanfaat untuk mengontrol dan menetralisir sekresi minyak. Madu dapat membantu melembabkan kulit. Cukup gunkana 1 sdm jus lemon dan 1 sdm madu, oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

6. Tomat dan Alpukat

Tomat dan alupukat dapat digunakan untuk membuat scrub yang bagus untuk kulit wajah yang berminyak. Cukup haluskan satu alpukat dan satu tomat. Oleskan scrub ini ke seluruh wajah, biarkan selama 20-30 menit kemudian bilas.

7. Timun

Timun dikenal dengan punya sifat pendingin, selain itu timun juga kaya akan mineral dan vitamin. Untuk mengendalikan kulit berminyak, masukan timun dalam blender ditambah dengan beberapa tetes madu, setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *