Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kutil

Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kutil

Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kutil

Kutil adalah kulit yang tumbuh di atas kulit normal. Ada yang mengatakan bahwa kutil merupakan tumor lunak dan tidak akan membahayakan tubuh. Meskipun demikian tak sedikit orang yang merasa risih dan seperti ketakutan dengan adanya kutil.

Ada sejumlah faktor yang ditengarai menjadi penyebab penyebaran ataupun timbulnya kutil. Diantaranya karena penularan akibat virus kutil yang menempel pada kuku saat menggaruk atau tertempel pada sikat rambut atau alat cukur. Kutil memang mudah menyebar dan tumbuh pada bagian kulit lainnya.

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Untuk kutil dengan jenis yang biasa dan tidak ganas, anda bisa mencoba resep-resep berikut untuk menyembuhkannya. Resep yang bisa anda gunakan antara lain:

1. Getah Pohon Awar-Awar

Formula ini saya ambil dari pengalaman pribadi. Dan merupakan cara paling cepat dalam menghilangkan kutil, menurut saya. Ceritanya dulu bagian tangan saya ada yang ditumbuhi kutil. Awalnya dibiarkan saja, tapi ternyata kutil tersebut mulai menyebar ke bagian tangan lain hingga terdapat hingga 5 buah ditangan kanan dan kiri. Karena mulai khawatir akhirnya saya cari info untuk mengobatinya. Kebetulan di rumah ada buku jadul tentang pengobatan tradisional dan disana tertulis untuk mengobati kutil dengan cepat bisa dilakukan dengan getah pohon awar-awar. Orang Sunda menyebutnya Kiciat.

Cara pengobatan: Ambil getah pohon Awar-Awar (Kiciat) dengan mematahkan batang muda atau batang daunnya. Getahnya yang berwarna putih tersebut oleskan pada permukaan kutil sambil ditekan-tekan kasar agar meresap. Setelah itu biarkan saja. Lakukan sehari dua kali pagi dan sore. Hari kedua biasanya kutil sudah kering dan hari ketiga, kempis tak tersisa.

2. Kapur sirih dan Sabun cuci (sabun colek)

Kombinasi kapur sirih dan sabun colek memang cukup ampuh untuk menghilangkan kutil. Namun perlu dilakukan secara rutin dan terus-menerus untuk mendapatkan hasil maksimal.

Langkah-langkah: Ambil sedikit kapur sirih dan sedikit sabun colek dengan perbandingan seimbang. Aduk merata. Bersihkan bagian permukaan kulit yang berkutil dengan air hangat. Oleskan sedikit demi sedikit ramuan yang sudah dibuat tadi pada permukaan kutil.

Efek samping

Pengobatan dengan ramuan diatas harus diulangi terus menerus secara rutin agar kutil bisa benar-benar hilang dari kulit. Cara pengobatan diatas juga bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat luar biasa. Akan tetapi, kutil yang sudah hilang setelah proses pengobatan diatas tidak akan tumbuh kembali.

3. Air cuka

Cara pengobatan: Teteskan air cuka sedikit demi sedikit pada kapas (secukupnya saja). Oleskan kapas yang sudah ditetesi air cuka pada permukaan kutil. Ulangi secara rutin selama 3-4 minggu.

Efek samping

Pengobatan dengan menggunakan cuka akan menimbulkan rasa perih pada bagian kulit yang ditumbuhi kutil atau bagian yang diberi tetesan cuka. Namun pengobatan ini bisa mengangkat kutil hingga hilang sampai ke bagian akarnya.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Namun siapa sangka, bumbu dapur dengan aroma khas ini bisa juga dijadikan sebagai obat kutil tradisional. Simak langkah-langkah pengobatan kutil dengan bawang putih di bawah ini.

Cara pengobatan: Ambil satu siung bawang putih, tumbuk hingga halus. Oleskan pada permukaan kulit yang ditumbuhi kutil. Balut bagian kulit yang sudah dilumuri bawang putih. Ulangi secara rutin sampai kutil hilang dari permukaan kulit.

Efek samping

Selama melakukan pengobatan menggunakan bawang putih akan timbul rasa panas pada kulit. Lama kelamaan kulit akan menunjukkan tanda-tanda seperti permukaan kulit yang sebelumnya kasar akan menjadi lembut. Jika kulit sudah menjadi empuk dan lembut maka itu berarti bahwa kutil sudah berhasil anda sembuhkan.

5. Getah pepaya

Selain getah pohon awar-awar, getah pepaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.

Langkah-langkah: Ambil getah yang sudah anda ambil dari pohon atau buah pepaya. Oleskan merata pada bagian kulit yang ditumbuhi kutil. Ulangi secara rutin agar kutil bisa hilang sepenuhnya dari permukaan kulit.

Demikian beberapa tips untuk menghilangkan atau menyembuhkan kutil secara alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan pengobatan secara rutin dan terus menerus sampai kutil benar-benar menghilang dari permukaan kulit anda. Ganti plester atau perban setelah habis mandi jika anda menggunakan bantuan perban untuk membalut ramuan pada bagian kulit anda. Jaga kebersihan kulit dan pola hidup sehat agar kutil tidak tumbuh kembali dan terhindar dari bahaya kutil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *