Cara Belajar Yang Efektif

belajar samppai begadang

belajar samppai begadang

Semua anak waktu ulangan pengen sekali pintar dan cerdas dalam
waktu semalam sampai bergadang. Itu usaha yang percuma dan tidak efektif dilakukan. Jika kita belajar sampai bergadang itu mlah
membuat keesokkan harinya jadi mengantuk, malah tidak konsen dalam mengerjakan soal. Malah merah semua nilai ulangan kalian..

Menjadi pintar dan cerdas memang membutuhkah proses yang panjang, dibutuhkan kemauan untuk rajin belajar dan mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyakanya, apakah itu dari membaca, mendengar, dan melihat.

Bagi para pelajar, belajar menjadi kewajiban yang tak bisa
disepelekan sebab mereka membutuhkan banyak bekal dan ilmu untuk menyongsong masa depan. Padatnya aktivitas pelajar di sekolah maupun diluar sekolah, terkadang membuat para pelajar sengaja belajar dan menyelesaikan tugas-tugas hingga larut malam alias begadang.

Sekali – kali begadang sih tak masalah, namun kalau jadi kebiasaan
maka aktivitas begadang dapat mengganggu kesehatan. Supaya
aktivitas belajar tanpa harus begadang, kamu perlu membiasakan 4 hal berikut ini:

1. Simak Penjelasan Guru Dengan Baik

Saat guru menerangkan pelajaran waktunya kamu untuk menyimak apa yang guru sampaikan. Supaya tidak ada yang terlewatkan, jangan lupa langsung mencatat hal-hal yang kamu anggap penting.

2. Jangan Membiasakan SKS (Sistem Kebut Semalam)

SKS atau Sistem Kebut Semalam sudah tidak asing dilakukan
dikalangan pelajar, apalagi saat menghadapi ujian. Belajar dengan
SKS tidak memberikan jaminan kamu akan berhasil menghafal semua materi. Lebih baik, jauh – jauh hari kamu sudah mulai mencicil membaca dan mempelajari materi-materi yang akan kamu hadapi untuk ujian.

3. Buat Catatan Versimu

Materi yang kamu dapat dan terima dari guru dan buku sebaiknya kamu ringkas. Buatlah catatan rangkuman yang bisa memudahkan kamu untuk menghafal dan mengingat materi yang tersebut. Dengan begitu bisa lebih memudahkanmu untuk belajar tanpa perlu buang waktu mencari dan membuka buku-buku lainnya karena sudah kamu rangkum sendiri.

4. Ikut Bimbingan Belajar

Kalau cuma belajar di sekolah dan di rumah rasanya kurang komplit
jika tak mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel). Belajar di rumah
terkadang banyak godaannya yang akhirnya mengulur waktu lebih lama dan semakin malam kemudian malah bedagang.

Jika kamu mengikuti bimbingan belajar akan banyak manfaat yang kamu dapatkan. Kamu bisa lebih disiplin waktu karena jam belajar di bimbel bisa membuat kamu lebih fokus walaupun hanya 3 – 4 jam saja. Ikut bimbel juga menambah teman, pengetahuan dan metode belajar yang sudah pasti berbeda dengan di sekolah.

Di Bimbel kamu tidak hanya belajar untuk sukses ujian saja, tapi
juga mendapatkan arahan dan konsultasi untuk menentukan jenjang pendidikan selanjutnya. Dan banyak mendapatkan teman bisa diajak tukar pikiran antar teman dan guru bimbel.

Semoga pesan ini bermanfaat untuk pelajar yang biasanya bergadang gara-gara ada ulangan keesokan harinya. Gapailah cita-citamu setinggi-tingginya dengan rajin dan giat belajar. Janganlah
terpengaruh gadget terlalu karena itu bisa merusak pikiran dan
membuat kamu malas belajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *