Cara Berwirausaha dengan Modal Kecil

Cara Berwirausaha dengan Modal Kecil

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Lebih baik jadi kepala semut daripada ekor gajah. Begitu dalih para pengusaha. Berwirausaha memang sangat menggoda. Dengan sikap yang tepat, sukses bukan cuma impian.

Perusahaan pemula yang berubah menjadi perusahaan sukses bernilai miliaran bahkan triliunan, dalam dunia bisnis tak bedanya dengan pemenang lotere. Meletakkan semua uang Anda dan berharap mendapatkan jackpot, Anda justru bakalan terpuruk.

Cara Berwirausaha dengan Modal Kecil
Berikut aturan untuk memulai usaha kecil. Daftar ini lebih untuk membuat Anda menyadari kenyataan yang ada, ketimbang gila-gilaan mengejar impian terdahsyat Anda dalam berbisnis.

1. Tentukan Bisnis Anda Bergerak di Bidang Apa ?

Setiap manusia memiliki kelebihan atau kemampuan masing-masing yang dikaruniakan oleh Tuhan kepadanya, itu semata-mata diberikan bukan tidak ada manfaat. Sebaiknya didalam memulai sebuah usaha jika anda mengalami kebingungan dalam menentukan bidang bisnis anda maka saran terbaik ialah mengikuti kemampuan dan bakat serta hasrat anda. Misalkan kemampuan di Bidang jasa, ikuti itu dan fokus menggarapnya.

2. Tentukan Target

Menuliskan target yang akan kita capai menjadi kekuatan besar yang memberikan semangat luar biasa ibaratkan doping adrenalin yang membuat kamu tetap fokus dan optimis dalam mengerjakan usaha untuk mencapai target tersebut. Berdasarkan penelitian, seorang pengusaha sukses pasti mempunyai mimpi besar dibalik itu semua dan target besar sehingga mereka bisa memiliki kekayaan berlimpah saat ini. Tapi perlu diingat bahwa anda jangan terlalu tertekan kepada target tetapi lebih memfokuskan kepada prosesnya.

3. Jangan Gunakan Uang Anda Sepenuhnya

Membuka peluang usaha sendiri memang memiliki resiko serius terutama kerugian materi berupa modal yang hangus sia-sia akibat salah perencanaan atau segala macam yang mengakibatkan tidak adanya keuntungan yang didapatkan. Oleh karena bisnis sangat beresiko dijalani bagi seorang pemula bermodal minim, sangat disarankan mencari partner dimana keuntungan bisa dibagi dua dan jika mengalami kerugian anda tidak sepenuhnya rugi.

4. Tunjukan Kelebihan Bisnis Anda

Bagi seorang pengusaha adalah suatu kewajiban memikirkan strategi bisnis yang matang sehingga usaha dapat bersaing dipasaran. Slaah satunya menonjolkan sesuatu yang berbeda dari bisnis serupah terhadap bisnis anda yang memberikan nilai plus tersendiri bagi konsumen/pengguna.

5. Perluas Jaringan Bisnis

Sebagai seorang manusia kita tidak bisa mengharapkan sepenuhnya terhadap usaha sendiri dan sangat membutuhkan bantuan orang lain, begitu juga dalam dunia bisni. Memperluas jaringan bisnis anda dapat mempercepat pertumbuhan usaha karena banyak hal positif didapat misalnya komunikasi lancar memberikan informasi pasar. Bergabung dengan komunitas bisnis terkait usaha anda merupakan solusinya.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *