Cara Efektif Mengatasi Bau Mulut yang Mengganggu

bau mulut memang sangatlah mengganggu sekali

bau mulut memang sangatlah mengganggu sekali

Bau mulut yang tak sedap tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda apalagi gigi juga sedang berlubang. Hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri Anda ketika berbincang atau melakukan aktivitas dengan orang lain terlebih jika jumlah orangnya banyak. Meskipun sudah rajin menggosok gigi harus lebih waspada, mungkin saja ada masalah dengan kesehatan mulut Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut.

Berikut Cara untuk menghilangkan bau mulut:

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Di dalan mulut terdapat air liur. Air liur berfungsi sebagai pembunuh bakteri alami.
Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari mampu menambah produksi air liur, tapi sangat disarankan mengonsumsi sayur dan buah yang dapat menghilangkan bau mulut seperti mentimun dan apel.

2. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi air putih, idealnya sekitar 6 hingga 8 gelas air setiap harinya. Air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Jika membahas sistem metabolisme tubuh, tentunya akan berhubungan dengan sistem pencernaan. Mulut merupakan salah satu organ pencernaan yang dimiliki oleh manusia, oleh karena itu mengonsumsi banyak air putih juga dapat membantu membersihkan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

3. Kumur air garam

Jika bau mulut sudah datang pada Anda, cara praktis untuk mengatasinya berkumurlah dengan menggunakan air garam. Ambil satu gelas s air hangat beri sedikit garam kemudian kumur- kumurlah.

4. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut adalah hal yang terpenting agar bisa terhindar dari bau mulut akibat gigi yang berlubang. Kondisi dalam mulut yang tidak sehat mengakibatkan banyak bakteri dan kuman yang menempel pada gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang. Cara menjaga kebersihan mulut bisa dilakukan dengan mengosok gigi dua kali sehari, saat mengosok gigi sebaiknya dilakukan sesudah makan / sarapan di pagi hari dan pada saat sebelum tidur. Para ahli juga telah menyarankan untuk menggunakan obat kumur agar kuman dan bakteri di dalam mulut mati.

5. Menghindari Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Mengonsumsi alkohol dan merokok dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan dapat merusak gigi. Selain itu, mengonsumsi alkohol dan merokok akan mempengaruhi kesegaran nafas.

6. Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan rutin dengan pergi ke dokter gigi secara berkala baiknya selalu dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Melakukan pemeriksaan tersebut juga berguna untuk membersihkan plak atau karang gigi. Karena plak atau karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang.

Demikian artikel tentang menghilangkan bau mulut yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *