Cara Lindungi Kulit dari Polusi

Cara Lindungi Kulit dari Polusi

Tinggal di perkotaan membuat kulit Anda terpapar sinar matahari dan polusi setiap harinya. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Terlebih kulit wajah yang membuat Anda kehilangan kepercayaan diri dalam berpenampilan.

Cara Lindungi Kulit dari Polusi

Anda membutuhkan ritual perawatan wajah yang ekstra untuk menghindari bahaya polusi tersebut. Ketika Anda melakukan perlindungan yang benar dan rutin, polusi tidak akan merusak kulit Anda.

Berikut enam cara yang dapat Anda lakukan untuk perlindungan wajah dari polusi di perkotaan :

1. Pelembap + tabir surya

Anda harus menggunakan pelembap yang kaya akan antioksidan. Pelembap dapat membantu kulit anda memproduksi kolagen lebih banyak. Pelembap dengan kandungan antioksidan mengandung vitamin A, E, dan C yang dapat meningkatkan perlindungan kulit Anda. Selain itu pastikan juga Anda menggunakan tabir surya agar terlindungi dari bahaya sinar matahari yang bisa merusak kulit.

2. Bersihkan wajah

Jangan pernah lupa untuk mencuci wajah setelah keluar rumah. Meski Anda menggunakan perlindungan wajah berupa pelembap dan sunscreen, kulit Anda tetap kotor dengan partikel kecil yang terkumpul dari polusi. Mencuci wajah membantu kulit Anda kembali bernapas dengan baik.

3. Eksfoliasi wajah

Lakukan eksfoliasi wajah setiap tiga hari sekali, sehingga kotoran yang mengendap di kulit dapat diangkat dengan mudah. Gunakan scrub eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan saat malam sebelum tidur untuk mempermudah Anda mengatur waktu. Eksfoliasi ini dapat memberikan napas pada kulit Anda dan membantu produksi kolagen sehingga kulit Anda terasa lebih kenyal.

4. Tutupi wajah

Selain untuk gaya, menggunakan scarf atau masker juga biasanya dilakukan untuk melindungi wajah dari polusi. Usahakan untuk selalu menggunakan scarf atau masker ketika bepergian keluar ruangan. Jika dibutuhkan lengkapi dengan kacamata untuk melindungi mata Anda. Sementara untuk bagian tangan Anda dapat melindunginya dengan sarung tangan dan jaket.

5. Hindari jam sibuk

Perhitungkanlah waktu ketika Anda ingin keluar rumah. Usahakan untuk menghindari jam lalulintas sibuk karena Anda akan mendapatkan polusi lebih banyak di jalan. Racun yang terkandung dalam bahan kini akibat asap kendaraan dan lainnya dapat memperburuk keadaan kulit Anda seperti munculnya jerawat dan kulit terbakar. Jadi, cobalah untuk berangkat lebih pagi sehingga terhindar dari kemacetan jalan yang membuat Anda terjebak dalam sarang polusi.

6. Katakan tidak pada rokok

Rokok memberikan dampak pada yang mengonsumsi dan orang yang di sekitarnya. Jika Anda ingin memiliki kulit sehat bebas polusi usahakan untuk menghindari dua kondisi ini, terlebih merokok. Merokok sudah menjadi gaya hidup di perkotaan, namun tidak banyak yang tahu merokok dapat memberikan efek buruk pada kulit. Ketika Anda merokok dapat mengurangi elastisitas dan berkurangnya kolagen di kulit sehingga membuat kulit keriput dan tampak lebih tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *