Cara Memperbanyak ASI Untuk Ibu Muda

Cara Memperbanyak ASI

Cara Memperbanyak ASI

Semua pasangan pasti akan bahagia karena bertambahnya anggota keluarga baru dalam kehidupan yang selalu di inginkan setiap pasangan.

Setelah bayi anda lahir, peranan anda seorang ibu adalah memberikan Air Susu Ibu. ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik. Pemberian ASI diberikan pada usia 0 hingga minimal usia 6 bulan, sedangkan pada batas maksimal hingga usia dua tahun atau bahkan lebih.

Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI. Inilah cara memperbanyak ASI bagi ibu muda :

1. Berikan ASI sesering mungkin, meskipun ASI tidak begitu banyak akan tetapi dengan cara merangsang produksi ASI maka akan meningkat.

2. Meminimalisir Tingkat Stres.
Stres sendiri dapat mengakibatkna produksi ASI berkurang. Ini terjadi karena sang ibu tidak dalam keadaan rileks, tenang, dan senang. Dengan istirahat yang cukup dengan posisi yang nyaman ketika menyusui.

3. Menyusui bergantian
Dengan menyusui bergantian dapat membuat si bayi tidak bosan. Berfungsi supaya payudara memproduksi ASI kembali secara ilmiah. Jika bayi sudah terpenuhi kebutuhan ASI maka dengan sendirinya ASI akan bertambah.

4. Hindari dot dan empeng untuk menghindari bingung puting.
Karena menghisap dari dot dan empeng lebih gampang, sementara dari puting lebih susah, bila anak kebiasaan ngempeng dot maka ia akan menolak puting.

5. Ciptakan kontak kulit dengan bayi.
Misalnya membelainya dan mengajaknya berkomunikasi. Bisa juga Bayi yang disusui dalam keadaan terlanjang mendapatkan kontak langsung ke kulit dada kita. Dengan Tatap wajah buah hati dan ajak berkomunikasi ketika menyusui, ibu bisa bercakap dan bersenandung.

6. Memperbanyak makan sehat dan bergizi
Beberapa makanan terbukti memperbanyak ASI. Terutama yang mengandung anti oksidan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran misalnya daun katuk,bayam hijau dan merah, buah semangka,pepaya dan labu siam.

7. Perbanyak minum air putih
Minumlah 10-12 gelas air putih sehari, karena tubuh membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI. Jadi pastikan anda banyak minum air, bisa berupa air putih, susu, jus dan sup.

8. Batasi kafein pada (kopi/teh/soda) dan nikotin pada rokok
Kafein pada kopi, teh, soda dan coklat sedikit-banyak bisa ikut masuk ke aliran ASI dan menimbulkan gangguan tidur pada si Kecil.

9. Pijat Payudara
Bunda dapat membantu memijat payudara dengan kompres air hangat & air dingin bergantian dan membersihkan puting susu pada sebelum mandi agar jalan keluar ASI lancar dengan baby oil.

Dan jangan lupa, gunakan KB bila Anda masih belum mau memberikan adik untuk si Kecil. Meskipun menyusui adalah KB alami, persentase pencegahan kehamilannya belum teruji 100%. Semoga bermanfaat infonya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *