Cara Mengatasi Insomnia Berat

Cara Mengatasi Insomnia Berat

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Insomnia terbagi menjadi insomnia jangka pendek yakni keluhan sulit tidur baru terjadi sekitar 1- 4 minggu, dan pencetusnya hampir sebagian besar karena stres yang terus menerus atau akibat penyakit akut.

Cara Mengatasi Insomnia Berat

Sebaliknya jika keluhan sulit tidur lebih dari 4 minggu, ini dapat dikategorikan insomnia kronis yang diperkirakan telah terjadi perubahan pada struktur kimia otak dan hormon otak serta terdapat gangguan psikologis dalam jangka waktu lama. Pada insomnia kronis biasanya disertai keluhan nyeri kepala.

Berikut beberapa saran yang bisa kita lakukan jika telah terasa keluhan insomnia atau susah tidur terjadi :

  1. Pastikan tempat tidur Anda nyaman dan ventilasi kamar tidur cukup baik. Tidak perlu empuk atau mewah, yang penting aman dari hal-hal yang mengganggu seperti suara bising maupun binatang kecil.
  2. Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kaki dan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga dapat tertidur dengan nyenyak
  3. Mandi air hangat sebelum tidur
  4. Minum air hangat seperti susu hangat menjelang tidur
  5. Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal tersebut, agar pola tidur Anda normal kembali
  6. Lakukan olahraga di siang atau sore hari, agar fisik Anda lebih lelah. Hal ini dapat memudahkan istirahat atau tidur.

Semoga bermanfaat…

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *