Cara Mengontrol Berat Badan Anda

cara menjaga berat badan yang ideal

cara menjaga berat badan yang ideal

Memang kebanyakan orang khususnya wanita mengontrol berat badan itu susah. Padahal mengontrol berat badan adalah cara untuk mempertahankan dan menjaga berat badan agar sesuai atau ideal, bisa juga sesuai dengan apa yang diinginkan. Menerut para ahli, orang yang gemuk meninggal dengan tiba-tiba, hal ini masih sering terjadi hingga saat ini.

Tentu saja bukan dalam segala hal, tetapi kematian yang mendadak sering terjadi pada orang gemuk. Penting sekali memperhatikan berat badan dengan tidak membiarkan diri menjadi terlalu kurus atau terlalu gemuk dengan kata lain anda harus berusaha menjaga berat badan sesuai yang anda inginkan.

* Bahaya Bila Berat Badan Yang Terlalu Berlebihan

Cenderung dialami orang gemuk yang merasa bahagia dengan keadaanya tapi dalam segi medis kegemukan justru membawa dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Umumnya banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk, salah satu penyebabnya adalah mereka makan secara berlebihan melebihi kebutuhan mereka sehari-hari.

Kelebihan asupan makanan tersebut akan menjadi lemak, semua lemak tambahan ini memberi beban pada jantung , ginjal , dan hati dan juga pada persendian yang menopang berat badan seperti panggul , lutut, dan mata kaki. Ini berarti bahwa tubuh akan lebih cepat rusak hal ini terjadi karena organ-organ yang seharusnya bekerja secara normal kini harus bekerja secara extra dan bukan tidak mungkin kalori yang berlebihan itu dapat membawa kepada kematian.

 

* Berat badan yang diinginkan seseorang berbeda-beda

Hal itu tergantung pada tinggi badan , kelamin, umur dan juga perawakan.

Orang yang mempunyai tulang yang besar dan otot yang besar biasanya agak lebih berat jika dibandingkan dengan mereka yang berperawakan kecil. Tetapi sebenarnya orang yang lebih ringan boleh jadi membawa lebih banyak lemak.

Ada orang yang menjadi gemuk diakibatkan karena mereka mengalami frustasi. Mungkin mereka berasal dari Keluarga broken home dan untuk menghibur perasaan sakit hati, mereka makan cemilan yang tidak sehat. Malahan ada yang makan di tengah malam. Hal ini lah yang membuat berat badan seseorang bertambah dengan cepat.

 

Kalori Yang dibutuhkan Setiap Hari

Hal ini tergantung kegiatannya. Seorang tukang bangunan yang bekerja keras memerlukan 5000 kalori sehari. Sebaliknya majikannya yang duduk di kantor sepanjang hari hanya memerlukan 2200 kalori sehari. Isterinya yang sibuk dengan urusan rumah tangga sepanjang hari memerlukan 2500 kalori.

 

Berikut langkah sederhana Untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal :

1. Batasi banyaknya makanan.

Dengan makanan yang seimbang tapi jangan lupa memakan makanan yang mengandung banyak serat untuk melancarkan pencernaan.

2. Berhati-hatilah dengan sisa makanan.

Banyak ibu menambah berat badan mereka sebab mereka tidak suka melihat makanan dibuang-buang.

3. Hentikan Makan cemilan

Cemilan itu makanan yang tidak bergizi namun bisa membuat gemuk.

4.Gerak badan yang teratur.

Gerak badan yang terbaik ialah berjalan kaki, dengan berjalan kaki akan membantu untuk membakar kalori.

5.Makan dengan teratur

Karena dapat mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

6.Jangan tahan lapar lama-lama

Membuat makan bisa berlebihan.

7.Jangan lupa sarapan

8.Makanlah lebih banyak sayuran dan buah-buahan

Demikian atrikel tentang bagaimana menjaga berat tubuh yang ideal dan menurunkan berat badan secara alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *