Hati-Hati Kosmetik Anda Mengandung Bahan Berbahaya

bahan kosmetik berbahaya

bahan kosmetik berbahaya

Hampir semua orang khususnya para wanita yang mengingkan menjadi cantik, mulus, tanpa noda. Keinginan kuat memiliki pesona kulit putih ditambah lagi singkat pula. Wanita mana yang tidak terpikat, terkadang mereka tidak selektif memilah produk kosmetik asalkan bisa mendapatkan kulit putih walaupun harganya selangit.

Beberapa dari produk tersebut memang terbukti memberikan beberapa manfaat dengan meningkatkan penampilan penggunanya. Namun perlu diketahui bahwa di pasaran sekarang ini beredar banyak sekali produk-produk kecantikan yang sangat berbahaya karena mengandung zat kimia berbahaya dan belum dilakukan uji toksisitas terhadap produk tersebut.
Namun demikian, kesadaran masyarakat akan pentingnya mengetahui isi kandungan produk kosmetik tersebut masih sangat rendah.

Berikut zat berbahaya yang terkandung di kosmetik anda:

1. Merkuri
Merkuri juga bisanya disebut air raksa sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik karena daya pemutihnya sangat kuat. Padahal merkuri itu biasanya digunakan untuk mengawetkan hewan yang sudah mati dan merkuri zat yang berancun bersift zat karsinogerik dan mejadikan kosmetik berbahaya meskipun awalnya memakai bahan alami.
Penggunaan merkuri dalam kosmetik akan menyebabkan perubahan pada warna kulit, bintik-bintik hitam pada kulit, iritasi kulit, alergi, kerusakan pada otak, ginjal, dan juga gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis yang tinggi dan bisa menyebabkan muntah-muntah.

2. Asam Retinoat
Bahan kimia ini cukup beresiko tinggi apabila ikut dalam campuran bahan untuk kosmetika. Asam retinoat bisa menyebabkan rasa terbakar pada kulit, kulit kering, dan juga cacat pada rahim (teratogenik).

3. Hidrokinon
Hidrokinon berdasarkan resep dokter termasuk salah satu obat keras yang patut diminimalisir bahkan dihindari penggunaannya. Bahaya pemakaian obat keras tanpa pengawasan dokter bisa menyebabkan iritasi kulit yang merah dan rasa terbakar serta bercak-bercak hitam.

4. Rhodamin B
Rhodamin B adalah pewarna sintesis yang biasanya digunakan pada industri tekstil. Bukan hanya membuat iritasi kulit tapi juga pada saluran pernafasan jika terhirup. Bisa juga menyebabkan terjadi kanker.

Maka dari itu berhati-hatilah memilih kosmetik karena itu bisa mengancam kesehatan kulit dan kesehatan lainnya. Semoga artikel ini dapat membuat anda lebih cermat dan teliti. Cek juga label dan badan POM juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *