manfaat labu untuk kesehatan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Labu Kuning ( Waluh ) Bagi Kesehatan

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

manfaat labu untuk kesehatanSebagian orang tentu banyak yang kenal Labu kuning atau Waluh. Labu merupakan salah satu sayuran yang merambat ditanah yang banyak ditanam dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin untuk kesehatan.

Biasanya labu kuning kerap menjadi campuran es buah ketika anda
menyantapnya saat berbuka puasa. Labu kuning yang biasa dikenal dengan sebutan waluh ini memang memiliki rasa yang unik. Ia kuat dengan rasa khasnya, namun tetap tidak mati ketika dicampurkan ke segala jenis minuman. Anda bisa menyantapnya bersama es buah, kolak waluh, maupun roti dan aneka getuk waluh.

Kandungan Nutrisi di Dalam Labu Kuning

Setiap 100 gram labu kuning hanya mengandung sekitar 25 kalori. Labu kuning mengandung banyak karbohidrat dan serat. Selain itu, labu kuning juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, dan seng.

Manfaat Labu kuning

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi labu kuning dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Labu kuning tidak mengandung kolesterol dan jutru mengandung fitosterol yang telah dikenal untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (hingga sekitar 75%) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (hingga 15%).

2. Membantu Penderita Diabetes

Labu kuning memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat menjadi salah satu menu makanan penderita diabetes. Labu kuning dapat membantu produksi insulin dan membantu proses penyembuhan jaringan pankreas. Omega 3 yang terdapat pada biji labu juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Mencegah Kanker

Labu kuning mengandung banyak antioksidan, terutama karotenoid. Berbagai antioksidan ini dapat membantu menghambat metabolisme sel-sel kanker. Mengkonsumsi labu kuning dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker usus besar, dan kanker kulit.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan folat, karotenoid, dan magnesium membuatnya sangat baik bagi kesehatan jantung. Magnesium akan bekerja sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Zeaxanthin di dalam labu kuning membuatnya dapat membantu melindungi retina mata dari radiasi sinar UV yang berbahaya dan berbagai stress oksidatif lainnya. Karotenoid, baik alfa maupun beta juga baik bagi kesehatan mata dan dapat mencegah terjadinya kebutaan di malam hari (rabun senja). Lutein dan zeaxanthin di dalam labu juga baik untuk mencegah terjadinya katarak.

6. Manfaat Lainnya

Berbagai manfaat lain dari labu kuning bagi kesehatan anda adalah:

• Mengurangi stress. Biji labu kuning kaya akan asam amino, triptofan, yang akan diubah menjadi serotonin. Serotonin merupakan suatu neurotransmiter yang dapat mengurangi rasa cemas dan stress sehingga dapat memperbaiki mood anda

• Mencegah sembelit (kaya serat)

• Membantu menjaga kesehatan prostat dan mencegah terjadinya pembesaran prostat jinak (seng)

• Membantu mencegah terbentuknya batu ginjal dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kandungan empedu serta dapat mencegah terjadinya ulkus akibat iritasi asam lambung (sari labu)

• Membantu menguatkan tulang dan enamel gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis (seng dan magnesium)

• Mencegah radang sendi (agen anti inflamasi)

Demikian artikel tentang labu kuning ini untuk kesehatan. Semoga
bermanfaat.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *