Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Pori-pori Wajah Menjadi Besar

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Pori-pori Wajah Menjadi Besar

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Pori-pori Wajah Menjadi Besar

Pori-pori yang melebar dan terlihat besar di wajah merupakan salah satu permasalahan yang cukup mengganggu penampilan wajah. Make up yang telah diaplikasikan di wajahpun terkadang masih tidak dapat menutupi pori-pori wajah. Selain mengganggu penampilan, pori-pori wajah yang besar dapat menyebabkan debu dan kotoran mudah melekat dan masuk sehingga menyebabkan masalah wajah lain seperti komedo, jerawat dan kulit kusam. Selain akibat penggunaan kosmetik yang salah dan faktor penuaan, pori-pori besar juga disebabkan karena kebiasaan merawat muka yang salah. Yuk hindari kebiasaan berikut ini agar pori-pori wajah kita tidak membesar dan melebar :

1. Memencet Komedo

Komedo bisa muncul di area hidung dan bawah dagu. Ketika komedo muncul, kita biasanya sering memencet komedo untuk menariknya keluar dan memencetnya. Padahal kebiasaan ini justru membuat komedo makin besar dan terlihat lebih jelas. Sebaiknya hilangkan komedo dengan cara alami seperti mengoleskan putih telur.

2. Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat selain dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan scar acne (bopeng), juga dapat membuat pori-pori besar. Yuk hindari kebiasaan buruk ini jika ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan cantik.

3. Malas Mencuci Muka

Jika kamu malas mencuci muka, kotoran dan minyak pada muka tentu tidak dapat terangkat dan hilang. Padahal minyak dapat menyebabkan pori-pori menjadi besar. Pori besar berkaitan dengan produksi hormon androgen yang memicu meningkatkan produksi kelenjar minyak yang diiringi dengan pelebaran pori-pori kulit. Sebenarnya, minyak secara alami dapat menjaga pori-pori dengan membentuk lapisan. Tapi jika berlebihan, minyak justru akan membuat pori-pori membesar.

4. Menggosok Muka Terlalu Keras

Biasakan untuk mengusap muka dengan lembut ketika kalian sedang atau setelah mencuci muka. Mengusap muka dengan tangan atau handuk terlalu keras, terutama menggosoknya ke arah bawah, dapat menyebabkan pelebaran pada pori. Alih-alih menjadi bersih, menggosok atau mengusap terlalu keras dapat menyebabkan iritasi dan pori-pori besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *