Kebiasaan Orang Tua Yang Berpengaruh Buruk Pada Anak

mengobrol

 

Terkadang orang tua tidak paham bagaimana cara mendidik anak yang benar. Orang tua sering membiarkan anaknya bertindak seakan anak itu selalu benar, padahal anak-anak juga perlu di
tegur, eh tapi negurnya jangan di samakan kayak negur anak gede ya bunda. Karena anak-anak lebih suka pakai kelembutan.

Berikut contoh kebiasaan-kebiasaan orang tua yang salah dalam mendidik anak.

1. Raja yang tak pernah salah
Sewaktu kecil saat anak menabrak benda yang tak bersalah, orang tua pasti memukul benda itu berharap anak berhenti menangis. Tanpa di sadari hal itu justru yang membuat anak merasa selalu benar dalam segala hal.

2. Lebih banyak mengancam
Disaat anak-anak berbuat kesalahan, lebih sering orang tua mengancamnya, misal “sayang kamu tidur nggak ? kalau tidak mama/papa akan pukul kamu”. Wah-wah itu cara yang salah bunda. Anak akan berfikir itu sebuah ancaman. Lebih baiknya orang tua berbicara dengan lembut dan bilang “sayang di luar sana panas sekali ya. Kita tidur dulu yuk. Nanti sore kamu bisa main lagi sama teman-teman. Tuh teman-teman kamu juga pulang mau tidur juga seperti kamu. Tidur yuk”

Dari perkataan orang tua, Si anak sudah bisa mencerna lo bunda, jadi ucap yang baik-baik saja ya. Biar anak bisa mempunyai karakter yang baik juga. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *