Kenapa Sering Mengantuk Saat Beraktivitas?

sering mengantuk cari tau sebabnya

sering mengantuk cari tau sebabnya

Bagi orang yang sibuk kerja pastinya sering merasa penat dan ngantuk waktu kerja hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Apalagi kerjaan yang sedang menumpuk dan tidak selesai-selesai membuat kita cepat bosan dan mudah ngantuk. Kurangnya tidur saat malam sering dijadikan alasan oleh sebagian orang. Memang mengantuk adalah hal yang alamiah dan wajar, tapi jika terus berlangsung selama Anda beraktifitas itu dapat mengganggu performa Anda.

Kondisi tubuh yang sering mengantuk dan juga lemas sebenarnya adalah normal, meskipun terkadang harus mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Rasa ngantuk yang umumnya datang pada malam hari dan biasanya disebabkan karena keletihan adalah hal yang wajar. Yang perlu kita kenali saat rasa ngantuk datang secara terus menerus adalah tanda-tanda ketidakwajarannya.

 

Penyebab kita sering mengantuk sewaktu beraktifitas dan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas. Berikut ini ulasannya:

1. Terlalu banyak beraktivitas
Karena ketika melakukan suatu aktivitas secara berlebihan, secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas, karena kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar sehingga menyebabkan mengantuk.

2. Kekurangan kalori dan zat gizi di dalam tubuh
Bila seseorang kekurangan asupan kalori dan zat gizi maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk. Untuk mengoptimalkan asupan kalori dan zat gizi di dalam tubuh, anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

* Wajib melakukan sarapan atau makan pagi

* Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan zat gizi
* Batasi aktivitas

3. Terlalu banyak makan
Apabila anda mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori alias makan berlebihan, malahan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa.

4. Dehidrasi
Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal. Akibat kurang minum juga dapat berakibat pada menurunnya konsentrasi dan fokus.

5. Menurunnya suplai oksigen ke otak
Itu menyebabkan rasa mengantuk lemas pada tubuh anda. Menurunnya suplai oksigen terutama dapat membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebakan kantuk dan juga lemas.
Penyebab umum tersebut antara lain :

* Dehidrasi
* Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh
* Sesak nafas
* Tekanan darah rendah

6. Insomnia, gangguan tidur dan juga kurangnya waktu tidur
Dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur pada malam hari karena:

* Banyak pikiran
* Bahaya merokok dan minum alkohol
* Faktor cuaca dan kondisi lingkungan tempat tinggal
* Bahaya kafein pada kopi

7. Anemia
Anemia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang memiliki gejala-gejala utama 5 L, yatu Lemah, Lelah, Lemas, Letih dan juga Lesu. Biasanya anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuh sehingga membuat kondisi tubuh menjadi mudah terasa lemas.

8. Tekanan darah Rendah
Ciri-ciri darah rendah ini sangat erat kaitannya dengan suplai darah dan juga berbagai macam nutrisi, termasuk juga oksigen ke berbagai organ tubuh. Hal ini secara langsung dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lemas dan juga mdah merasa mengantuk.

9. Kanker
Mungkin inilah salah satu penyakit yang berbahaya dan juga paling ditakuti. Celakanya, hampir semua kanker menimbulkan gejala lemas pada tubuh. Nah, apabila anda mengami gejala lemas pada tubuh yang sangat sering terjadi dan juga ada rasa sakit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

10. Diare
Diare merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Biasanya diare akan berhubungan langsung dengan kondisi tubuh penderitanya yang mengalami dehidrasi, karena feses yang keluar berupa cairan. Maka dari itu, biasanya penderita diare akan terlihat sangat pucat dan juga mudah merasa lemas.

Demikian gejala yang bisa saja menyebabkan mengantuk dan lemas yang terjadi di dalam tubuh anda. Semoga anda dapat mewaspadai gejala-gejala yang anda alami supaya bisa ditindak lanjuti dan dapat penangananan yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian, Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *