Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal mengkudu? Buah yang jarang disukai orang karena rasanya yang sangat pahit ini ternyata menyimpan sejuta manfaat. Ya, manfaat mengkudu yang sangat membantu dunia kesehatan sudah dipercaya oleh masyarakat di Indonesia. Buah mengkudu yang masih muda biasanya berwarna hijau dengan benjolan atau totol yang berwarna coklat kehitaman.

Nah, adapun jika buah ini sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi keputihan. Buah dan daun mengkudu sendiri, sebenarnya sudah digunakan sebagai obat herbal tradisional sejak 2000 tahun lamanya. Awalnya mengkudu dipercaya dapat mengobati nyeri sendi dan sebagai obat pembersih internal.

Kandungan Buah Mengkudu :

Zat nutrisi : secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

Terpenoid :  Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

Scolopetin :  Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

Zat anti kanker :   Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Xeronine dan Proxeronine : Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Lalu apa saja Manfaat Buah Mengkudu?

  • Menghilangkan sakit kepala

Sakit kepala dapat muncul karena adanya penegangan pada bagian otot dan saraf pusat. Meski hanya sebatas sakit kepala ringan, tetapi jika dibiarkan itu akan sangat berbahaya sekali.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saja, tetapi kandungan analgesik tersebut juga terbukti mampu mengurangi rasa nyeri. Bahkan keampuhannya melebihi morfin sulfat.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Khasiat buah mengkudu bagi hipertensi yang Anda alami juga tidak boleh dianggap sepele. Buah satu ini dipercaya mengandung senyawa xeronin, kandungan senyawa inilah yang sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya buah pepaya saja yang kaya akan serat, tetapi buah mengkudu pun juga termasuk buah yang kaya akan kandungan tersebut. bahkan kandungan serat pada mengkudu bisa dikatakan lebih berkhasiat dari pada buah pepaya.

Ada banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi pencernaan, mulai dari melancarkan BAB sampai dengan mengatasi adanya diare atau disentri.

  • Anti inflamasi

Peradangan dapat terjadi dimana saja, mulai dari peradangan sendi sampai peradangan pada bagian kulit. untuk mencegah dan mengatasi adanya peradangan tersebut, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi buah mengkudu.

Sebab buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi, senyawa inilah yang membantu kita mengatasi dan mencegah adanya peradangan.

 

  • Mampu meningkatkan sistem imun tubuh

Buah mengkudu mengandung berbagai macam mineral alami, peptida, vitamin C, E, dan koenzim Q10. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadi alasan khasiat buah mengkudu bagi sistem imun sangatlah besar sekali.

Dengan meningkatkatnya sistem imun tubuh, maka tubuh Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Terutama penyakit-penyakit ringan seperti flu, batuk, pilek, pusing, masuk angin, dan sejenisnya.

  • Membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh

Musuh terbesar manusia adalah kuman dan bakteri, sebab dari kedua mahluk biotik ini tubuh kita akan sangat mudah sekali terserang yang namanya penyakit. Baik itu penyakit dalam ataupun luar.

Namun dengan mengonsumsi buah mengkudu Anda akan terhindar dari serangan kuman dan bakteri tersebut. karena dalam buah ini mengandung senyawa antrakuionon dan terpana yang bersifat antibakterial.

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Kolesterol dalam tubuh kita pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 macam, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Apabila kadar LDL lebih tinggi dari HDL, maka Anda akan mudah terserang penyakit berbahaya. Mulai dari stroke sampai dengan serangan jantung.

 

  • Mencegah kanker

Manfaat buah mengkudu berikutnya adalah mencegah kanker. Penyakit mematikan nomor dua setelah jantung ini mudah sekali menyerang tubuh kita. menariknya lagi sampai sekarang belum ada obat kanker, oleh sebab itu langkah pencegahan haruslah Anda lakukan.

  • Mengobati asam urat

Asam urat tidak boleh kita anggap sepele, meski gejalanya hanya muncul beberapa saat saja tapi jika dibiarkan penyakit tersebut akan menyebabkan gagal ginjal dan bahkan stroke.

Untuk mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi buah pace atau mengkudu secara langsung. buah satu ini mengandung senyawa iridoid tinggi yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam diri Anda.

  • Mengatasi penyakit diabetes

Sebenarnya sampai sekarang belum ada obat yang pasti untuk penyakit diabetes, namun ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol kadar gula agar tidak terlalu tinggi. sehingga penyakit diabetes tidak akan mengancam.

Dipercaya manfaat buah mengkudu bagi diabetes sangatlah besar, sebab dalam buah satu ini mengandung senyawa proxeronine yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah tubuh kita.

Tidak hanya berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah saja, tetapi jika mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, penyakit diabetes dapat Anda cegah sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *