Kisah Sukses Milyader Oprah Winfrey

Kisah Sukses Milyader Oprah Winfrey

Lahir dari ibu yang mnikah pada masa remaja, Oprah Winfrey menghabiskan tahun pertamanya di peternakan milik neneknya di Kosciusko, Mississippi, sementara ibunya mencari pekerjaan di Utara.

Kisah Sukses Milyader Oprah Winfrey

Hidup di pertanian itu sangat primitif, tapi neneknya mengajarinya membaca pada usia dini, dan pada usia tiga tahun Oprah membacakan puisi dan ayat-ayat Alkitab di gereja-gereja lokal. Meskipun kesulitan dalam lingkungan fisik, dia menikmati dukungan penuh dari kasih neneknya dan komunitas gereja, yang menghargainya  sebagai seorang anak berbakat.

Dunianya berubah menjadi buruk saat dia memasuki  usia enam tahun, ketika dia dikirim ke Milwaukee untuk tinggal bersama ibunya, yang telah menemukan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Pada hari-hari panjang ketika ibunya pergi dari apartemen kota, batin Oprah muda berulang kali dianiaya oleh saudara laki-laki dan pengunjung lain.

Penyalahgunaan, yang berlangsung dari usia 9-13 tahun,  menghancurkan dirinya secara emosional. Ketika ia mencoba melarikan diri, ia dikirim ke rumah tahanan anak,  tetapi ditolak  karena semua tempat tidur penuh. Pada usia 14, dia keluar dari rumah dan bergantung pada dirinya sendiri. Dengan akun sendiri, dia secara seksualpromiscuous sebagai remaja. Setelah melahirkan bayi laki-laki yang meninggal saat masih bayi, dia pergi ke Nashville, Tennessee untuk tinggal bersama ayahnya.

Vernon Winfrey  sangat disiplin, tapi dia memberikan putrinya kehidupan dengan rasa aman  yang dibutuhkannya. Setiap  malam,  ayahnya  mengharuskan dia untuk membaca buku dan menulis buku laporan setiap minggu.

“Dia sangat  ketat,” kata Oprah, “Dia punya beberapa kekhawatiran sehingga  membuat yang terbaik buat hidup saya, dan tidak akan menerima apapun jika apa yang terbaik kurang dari apa yang dia pikir.” Dalam lingkungan terstruktur ini, Oprah berkembang, dan menjadi siswa teladan, memenangkan hadiah untuk pidato dan pembacaan dramatis.

Pada usia 17, Oprah Winfrey memenangkan kontes kecantikan Miss Black Tennessee  dan ditawarkan pekerjaan on-air di WVOL, sebuah stasiun radio yang melayani komunitas Afrika Amerika di Nashville. Dia juga memenangkan beasiswa penuh untuk Tennessee State University, di mana dia mengambil jurusan Komunikasi Pidato dan Seni Pertunjukan.

Oprah terus bekerja di WVOL tahun pertama kuliah, tapi karir penyiaran dia sudah lepas landas. Dia meninggalkan sekolah dan dia menandatangani  kontrak pada dengan stasiun televisi lokal sebagai reporter dan anchor.

Pada  1976, ia pindah ke Baltimore untuk bergabung dengan WJZ-TV News sebagai co-anchor. Di sana, dia co-host talk show pertamanya, People Are Talking, sambil terus  melayani sebagai anchor dan reporter berita. Dia telah menemukan ceruk yang cocok, kepribadian empatik, dan kata segera menyebar ke kota-kota lain.

Pada Januari 1984, dia diundang ke Chicago untuk menjadi  host  program pagi setengah jam  di WLS-TV. Dalam waktu kurang dari satu tahun, ia balik  ke AM Chicago,  untuk acara terpanas di kota itu. Format ini segera diperluas untuk satu jam, dan pada September 1985 berganti nama menjadi The Oprah Winfrey Show.

Setahun kemudian, The Oprah Winfrey Show disiarkan secara nasional, dan dengan cepat menjadi nomor satu talk show dalam sindikasi nasional. Pada  1987, tahun pertama dari acaranya, acara itu menerima tiga award:  Daytime Emmy Awards untuk kategori  Outstanding Host, Outstanding Talk/Service Program dan Outstanding Direction.

Tahun berikutnya, acara itu menerima  award kedua berturut-turut sebagai  Outstanding Talk/Service Program, dan Oprah meraup  International Radio and Television Society’s “Broadcaster of the Year” Award.  Dia adalah orang termuda yang pernah menerima penghargaan tersebut.

Pada saat Amerika jatuh cinta dengan Oprah Winfrey, pembawa acara talk show  kemudian menarik perhatian bangsa itu dengan penggambaran kisah pedih di Sofia karya  Steven Spielberg pada1985 adaptasi novel Alice Walker,  The Color Purple.Winfrey mendapat nominasi untuk Oscar dan Golden Globe Award sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Para kritikus  memuji penampilannya dalam Native Son, sebuah film adaptasi dari Richard Wright klasik 1940.

Pada  1988, Harpo Productions, Inc mengakuisisi kepemilikan dan semua tanggung jawab untuk produksi  The Oprah Winfrey Show dari Capitol Cities/ ABC, membuat Oprah Winfrey adalah wanita pertama dalam sejarah untuk memiliki dan menghasilkan talk show sendiri.

Tahun berikutnya, Harpo memproduksi miniseri televisi pertamanya, The Women of Brewster Place, dengan Oprah Winfrey sebagai bintang dan Produser Eksekutif. Ini segera diikuti oleh film  There Are No Children Here (1993), dan Before Women Had Wings(1997),

Awalnya, The Oprah Winfrey Show mengikuti model yang dibentuk oleh talk show siang hari lainnya, mempekerjakan cerita sensasional dan sangat  menarik pemirsa, tetapi sejak  1990, Oprah mulai menekankan nilai-nilai spiritual, hidup sehat dan self-help, dan programnya menjadi lebih populer dari sebelumnya.

Presiden Clinton menandatangani “Oprah Bill” menjadi undang-undang pada  1993, dia membangun database nasional, yang sekarang tersedia untuk lembaga penegak hukum dan pihak terkait di seluruh negeri.

Oprah juga terus menarik nama-nama top di industri hiburannya, sebuah wawancara ekslusif dengan  entertainer Michael Jackson pada 1993 menarik seratus juta pemirsa,  menjadi wawancara yang paling banyak ditonton dalam sejarah televisi. Oprah Winfrey dinobatkan sebagai salah satu dari “100 Orang Paling Berpengaruh di Abad 20” oleh majalah Time, dan pada  1998 menerima Lifetime Achievement Award dari National Academy of Television Arts and Sciences.

Pengaruhnya atas industri penerbitan meledak saat dia memulai on-air klub bukunya pada  1996. “Oprah Book Club”. Acara untuk  buku pilihan terlaris secara instan, dan pada  1999   Winfrey menerima medali emas 50th anniversary dari National Book Foundation untuk layanan-nya untuk buku dan penulis.

Dia sendiri telah menulis lima buku. Sebuah buku yang mengusulkan  penurunan berat badan,  menjadi co-penulis  dengan pelatih pribadinya, telah menerima uang muka dan tayangannya  dilaporkan menjadi yang tertinggi dalam sejarah.

Kepentingan bisnis Oprah Winfrey  telah diperpanjang jauh melampaui produksi perusahaan  sendiri. Salah   satu mitranya  Oxygen Media, Inc, saluran kabel dan jaringan yang menyajikan program interaktif yang dirancang terutama untuk perempuan.

Dengan keberhasilannya, dia juga telah menjadi salah satu dermawan paling dermawan di dunia. Pada  2000, Oprah Angel Network mulai menghadirkan US$100.000  untuk  Your Life Award untuk orang-orang yang menggunakan hidup mereka  untuk meningkatkan kehidupan orang lain.

Dia sekarang menerbitkan dua majalah, O, The Oprah Magazine, dan O at Home .Peluncuran majalah pertama  yang paling sukses dalam sejarah industry start-up. Ketika Forbes menerbitkan daftar milyarder Amerika untuk 2003, mengungkapkan bahwa Oprah Winfrey adalah perempuan pertama Amerika-Afrika yang menjadi miliarder.

The Oprah Winfrey Show  tetap  populer seperti biasa, mengudara di 140 negara di seluruh dunia. Banyak tamu, termasuk Dr Phil McGraw dan Dr Mehmet Oz, yang telah tayang  diproduksi oleh Harpo Productions Oprah.

Selama bertahun-tahun, dia juga telah menggunakan programnya untuk mempromosikan banyak usaha filantropi yang dia  dukung. Setelah syuting acara Natal di Afrika Selatan, ia mendirikan Oprah Winfrey Leadership Academy for Girls, dekat Johannesburg. Kemurahan hati legendarisnya telah diperpanjang tidak hanya untuk amal favoritnya, tetapi untuk pemirsa setianya. Dia merayakan awal musim ke-20-nya di televisi nasional dengan memberikan  anggota penonton di studio mobil baru Pontiac.

Dua dekade setelah ia pertama kali menetapkan kehadiran dirinya  di tingkat nasional, Oprah Winfrey masih mencurahkan banyak energi luar biasa  untuk produksi film dan televisi. Pada  2005, dia menghasilkan film adaptasi dari novel Zora Neale Hurston, Their Eyes Were Watching God, dengan skenario oleh Suzan-LoriParks . Pada tahun yang sama, dia menghasilkan karya versi musikal The Color Purple  di Broadwaydan dan sukses. Sebagai seorang aktris, ia telah menghasilkan  sejumlah film animasi yang sukses, termasuk Charlotte Web, Bee Movie dan The Princess and theForg.

Pada pemilihan presiden 2008, Winfrey secara terbuka mendukung calon politik untuk pertama kalinya, hosting acara penggalangan dana untuk Senator Barack Obama dan dia muncul  di acara-acara kampanye. Hal ini diyakini bahwa dukungannya sangat penting untuk memenangkan  nominasi Partai Demokrat – dan Presidensi sendiri.

Pada pemilu, dia juga mengumumkan rencana untuk  penyiaran acara baru dengan Discovery Health Channel, berganti nama menjadi Oprah Winfrey Network (OWN). Dalam sebuah wawancara 2010 dalam  Larry King program di akhir tahun itu, ia mengumumkan keputusannya untuk mengakhiri menjalankan  The Oprah Winfrey Show.  Siaran terakhir berlangsung pada 25 Mei 2011, setelah 24 musim dan lebih dari 5.000 siaran. Akhir dari program sindikasi itu bukan akhir dari karir penyiaran Oprah Winfrey. Dia sekarang host program malam, Lifeclass Oprah, di Oprah Winfrey Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *