Lindungi Kulitmu Dari Sinar Matahari !!

Lindungi kulit mu dari sinar matahari!!

Lindungi kulit mu dari sinar matahari!!

 

Matahari dapat menjadi teman ataupun musuh buat kita. Kenapa begitu? Iya, karena matahari bisa meenguntungkan dan merugikan kita. Salah satu contoh kerugian bagi kita adalah sinar matahari membuat kulit kita menjadi kering.

Berhubung lapisan ozon ini sedang rusak di berbagai tempat sehingga radiasi ultraviolet atau sering disebut UV semakin meningkat belakangan ini, sehingga dapat menyebabkan kanker kulit, dan bisa jadi menekan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu kulit butuh perlindungan dari paparan sinar matahari. Berikut caranya.

  • Batasi waktu terkena sinar matahari secara langsung, terutama antara pukul 10.00 hingga 16.00.
  • Sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya (UV protection) berspektrum luas dengan tingkat SPF 15 atau lebih tinggi. Gunakan juga tabir surya yang mampu melindungi dari radiasi UVA dan UVB (lihat artikel Tabir Surya untuk penjelasan lebih lanjut).
  • Oleskan lagi tabir surya setiap dua jam sekali sewaktu berada di luar ruangan, khususnya jika sedang berenang atau berkeringat. Tabir surya mudah terhapus karena keringat dan juga handuk.
  • Kenakan pakaian yang melindungi kulit seperti topi dengan bibir topi yang lebar, kaca mata hitam dengan lensa pelindung anti UV, celana panjang, pakaian lengan panjang, ataupun jaket.
  • Hindari permukaan yang memantulkan sinar matahari, seperti air, pasir, lantai yang kilap.
  • Sebisa mungkin Anda berlindung atau beraktivitas di tempat yang tidak terkena sinar matahari yang terik.

Demikian artikel dari kami, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *