Makanan Sehat dan Bergizi untuk Kesehatan Janin saat Ibu Hamil

makanan bergizi untuk ibu hamil

makanan bergizi untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah makanan yang wajib dilakukan agar terhindar dari kegemukan dan bayi terlahir sehat. Makanan ibu hamil tersebut harus mengandung gizi yang seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan baik dari segi jenis, kualitas dan kuantitasnya.

Oleh karena itu, walaupun makannya banyak namun jenis makanannya tak bergizi maka tidak akan membantu kesehatan yang optimal.

Berikut makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi :

1. Sereal

Di dalam sereal terdapat asam folat yang dibutuhkan pada beberapa minggu pertama fase kehamilan. Jika Anda tidak suka sereal, coba ganti dengan sayur asparagus dan kacang polong.

2. Kacang Lentil

Kacang lentil yang kering mengandung protein yang cukup banyak, sekitar 15 gram per cangkir. Seorang ibu hamil setidaknya membutuhkan 10 gram protein setiap harinya dan maksimal 60 gram. Kacang lentil juga tinggi serat yang baik untuk pencernaan.

3. Brokoli

Brokoli menjadi sumber nutrisi seperti kalsium dan asam folat. Disamping itu, terdapat pula serat dan antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan memerangi berbagai jenis penyakit.

4. Keju

Tidak semua keju baik untuk ibu hamil. Sangat disarankan untuk memilih keju cheddar atau mozzarella karena keduanya menyumbangkan kalsium dan protein yang cukup tinggi pada tubuh. Setiap ons nya terdapat 150 hingga 200 mg kalsium.

5. Telur

Telur tidak hanya protein, terdapat pula nutrisi lain seperti asam amino. Anda bisa memadukan dengan sayur brokoli dan taburan keju, untuk minumnya Anda bisa sediakan satu gelas susu rendah lemak.

6. Oatmeal

Oatmeal adalah bubur gandum bisa menjadi sumber energi yang dibutuhkan untuk melakukan sedikit kegiatan di rumah. Juga mengandung karbohidrat kompleks yang juga mampu membuat merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga membantu seorang penderita kolesterol tinggi.

7.Sayuran Hijau

Rata-rata sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan asam folat dan zat besi. Kedua nutrisi tersebut bisa membuat janin yang berada di dalam rahim tetap sehat dan mendapatkan nutrisi bergizi.

8. Roti Gandum

Jika sedang hamil, disarankan untuk mengganti roti tawar dengan roti gandum. Pada roti gandum terdapat karbohidrat, serat, dan zat besi yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Makan setidaknya empat lembar roti gandum dalam sehari sudah memenuhi 20 hingga 35 gram kebutuhan serat harian.

9. Olahan Kacang Kedelai

Makanan dengan bahan dasar kacang kedelai menjadi sumber protein tinggi yang diperlukan oleh ibu hamil. Contoh adalah tahu dan tempe. Keduanya mengandung 10 gram protein per separuh cangkir.

10.Yoghurt

Pada yoghurt, tertanam vitamin D dan kalsium dalam jumlah sarat. Seorang ibu hamil setidaknya butuh 1000 mg kalsium per hari agar tumbuh kembang janin tetap sehat.

11. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan laut yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan lemak omega-3 di dalam salmon sangat tinggi yang bagus bagi wanita hamil.

12. Aneka buah-buahan:

* Apel

Apel kaya akan nutrisi dan vitamin seperti serat yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Mengonsumsi buah apel setiap hari dapat membantu perkembangan janin. Buah ini juga mampu mengatasi masalah sembelit dan diare yang sering terjadi saat hamil.

* Jeruk

Kandungan jeruk yang tinggi akan vitamin C, asam folat, serat, dan airnya. Seorang ibu hamil harus menjaga jumlah cairan di dalam tubuhnya agar tidak mengalami dehidrasi dapat mengancam kesehatan janin.

* Pisang

Pisang merupakan sumber kalium yang bertindak sebagai penambah energi . Buah ini juga gampang dicerna oleh usus karena dagingnya yang lembut.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *