Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Olah Raga

makanan setelah olahraga

makanan setelah olahraga

Olah raga itu kegiatan yang penting supaya badan kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Namun biasanya setelah berolah raga Anda tentu ingin mengkonsumsi makanan yang tepat untuk mengembalikan energi selepas olah raga yang hilang. Karena tubuh sangat membutuhkan asupan yang kaya nutrisi makanan.
Namun, tidak semua asupan baik untuk dikonsumsi setelah berolah raga. Ada beberapa makanan yang harus dihindari agar latihan yang Anda lakukan efektif dan tubuh merasakan hasilnya.

Ini jenis makanan yang dilarang keras dikonsumsi sehabis berolahraga :

1. Keju olahan dan berlemak tinggi bukanlah makanan yang dapat Anda konsumsi setelah melakukan olah raga lari. Alasannya, keju mengandung lemak jenuh yang kadar garamnya sangat tinggi. Keripik kentang dan keripik gurih lainnya adalah makanan ringan yang menggoda. Namun, sayangnya makanan tersebut mengandung kadar garam pula.

2. Sayuran mentah memiliki nutrisi-nutrisi penting dan kaya akan enzim yang membantu melancarkan pencernaan dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Tapi makanan segar ini tidak mempunyai kemampuan untuk membuat Anda tetap berenergi setelah berolahraga dan memulihkan tubuh yang letih setelah intens beraktivitas fisik.

3. Pati dalam roti itu dapat berubah menjadi gula dengan cepat ketika dicerna dan itu bukanlah hal yang dibutuhkan tubuh setelah berolahraga. Lebih baik gantilah dengan roti gandum utuh dengan porsi kecil. Hindari juga white bread.

4. Minuman buah dalam kemasan  tentu saja akan meningkatkan kadar gula darah seseorang dengan cepat. Jika Anda ingin minuman lain selain air putih, pilihlah es teh herbal atau air kelapa yang alami dan menyehatkan. Begitu pula Milkshake buah itu membuatnya jadi serat akan gula. Apalagi mengkonsumsi minuman manis apalagi dengan soda itu juga minuman tinggi gula, olahraga yang Anda lakukan sebelumnya bisa tidak efektif dan menjadi sia-sia.

5. Cokelat (terutama cokelat susu) dan permen umumnya mengandung gula yang sangat tinggi. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan cepat setelah olahraga, tapi cokelat dan permen tidak memiliki nutrisi yang berarti bagi tubuh. Akan lebih sehat jika Anda mengonsumsi susu rendah lemak atau protein bar (pilih yang mengandung sedikit gula).

6. Makan sandwich ditambah telur goreng selepas menjalani satu sesi aerobik mungkin terdengar menyehatkan tapi sebenarnya daging olahan yang menjadi salah satu komposisi sandwich mengandung garam dan lemak berkadar tinggi. Begitu pula telur dengan cara digoreng, dengan begitu telur tersebut akan dimasak di dalam lemak. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *