Manfaat Alpukat yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Alpukat merupakan buah yang di sukai dan dikenal sebagian orang. Karena tekstur daging buah yang lembut menjadikan buah ini mudah dikonsumsi dan sangat lezat di lidah. Buah Alpukat memiliki ciri kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan. Daging buah apokat Berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut. Kini buah alpukat telah terkenal di selain dapat diolah menjadi jus, ternyata buah alpukat juga memiliki khasiat atau manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Berikut manfaat alpukat untuk tubuh kita:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibanding buah-buahan lain yang sama-sama memiliki keistimewaan dalam menopang kesehatan manusia. Maka dari itu Alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata khususnya degenerasi makula dan katarak.

2. Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Sehingga semua nutrisi tersebut membantu menyehatkan kulit anda dari waktu ke waktu.

3. Mencegah Kanker

Alpukat kaya akan fitokimia yang telah dilakukan penelitian dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Ilmuwan yang meneliti karakteristik kemopreventif alpukat menyimpulkan bahwa phytochemical dari buah alpukat adalah strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.”

4. Diabetes

Alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah). Menjaga asupan kolesterol ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes. dikarenakan, kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah alpukat dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan menetralkan kadar glukosa dalam darah anda.

5. Mengurangi Resiko Stroke

Kandungan asam folat dan vitamin E dalam alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi asupan kaya folat memiliki resiko yang lebih rendah terserang stroke.

6. Peradanganan Sendi dan Encok

Alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

7. Mencegah cacat lahir pada janin

Alpukat kaya akan folat, vitamin B merupakan salah satu vitamin yang dikenal sebagai asam folat. Satu buah alpukat dapat memenuhi sekitar 23% dari nilai harian yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.

8. Penurunan Berat Badan

Dikarenakan dengan mengkonsumsi buah alpukat akan membuat kondisi perut berada dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Secara otomatis pula akan menekan nafsu makan berlebih yang anda miliki.

** Tipsnya untuk diet.

1. Konsumsi alpukat sebelum makan
2. Lakukan secara rutin, pagi, siang, malam, sebelum makan
3. Jangan campurkan dengan gula berlebihan
4. Jangan jampurkan dengan susu
5. Makan langsung tanpa jus akan sangat membantu

9. Kesehatan dan Kecantikan kulit

Manfaat alpukat juga dapat menghaluskan kulit dan membantu mencerahkan agar kulit terlihat sehat alami. Alpukat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda lain dari penuaan dini dengan kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E yang membantu menjaga terhadap penuaan dari paparan sinar matahari serta vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

** Cara penggunaannya ke- 1

Lumatkan buah alpukat, balurkan pada wajah dan tangan dengan air hangat kurang lebih 30 menit, efektif untuk mencegah keribut dan menghaluskan kulit

** Cara Penggunaan ke-2

Haluskan setengah buah alpukat matang, lalu campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu. Setelahnya gunakan sebagai toner untuk pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah / kulit lainnya.

10. Manfaat Rambut

Alpukat dapat membantu untuk menghitamkan rambut, membuat rambut sehat berkilau digunakan untuk creambath.

Cara Penggunaannya:

– Sediakan 1 buah alpukat matang
– Haluskan / jus tanpa campuaran apa pun.
– Bilas pada rambut langsung
– Biarkan 15 menit
– lalu bilas hingga bersih.

Demikian artikel tentang alpukat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *