Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

semangka bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan

semangka bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan

Tentu semua orang pasti suka makan buah semangka. Semangka merupakan buah yang mengandung banyak air dan juga vitamin. Buah yang menyegarkan ini bisa dimakan secara langsung atau dibuat jus yang menyegarkan. Tidak peduli musim hujan, apalagi saat panas terik, buah semangka menarik hati bagi yang melihatnya untuk langsung melahapnya.

Karena mengadung banyak air, buah semangka baik dikonsumsi bagi Anda yang kurang cukup minat untuk mengonsumsi air putih sebagai penambah cairan tubuh dan untuk menghindari dehidrasi.

Kandungan Gizi Buah Semangka

Semangka adalah anggota dari keluarga Cucurbitaceae botani. Satu cangkir semangka yang dipotong dadu sebanyak (152 gram) mengandung :

43 kalori
0 gram lemak
2 gram natrium
11 gram karbohidrat (termasuk 9 gram gula dan 1 gram serat)
1 gram serat

Satu cangkir semangka akan memberikan 17% dari vitamin A, 21% vitamin C, 2% dari besi dan 1% dari kebutuhan kalsium untuk hari.

Berikut ini manfaat buah semangka untuk kecantikan :

1. Merawat kulit yang berminyak
Caranya dengan memijat kulit dengan irisan semangka segar atau
mencampurnya dengan madu untuk mendapatkan kulit cantik.

2. Mencegah penuaan
Caranya olesi wajah dan leher Anda dengan jus semangka. Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik- bintik usia. Antioksidan pada semangka bisa mengurangi radikal bebas dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit.

3. Merawat kulit yang kering
Caranya mencampurkan semangka dan madu pada wajah Anda untuk mendapatkan kulit lembab dan terhidrasi. Kurangnya cairan pada tubuh (dehidrasi) bisa menyebabkan wajah kering dan kusam.

4. Untuk obat jerawat
Caranya oleskan bola kapas ke dalam jus semangka dan oleskan pada wajah setelah wajah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Jika Anda ingin membuat paket wajah menggunakan jus semangka, hanya tambahkan madu atau yogurt untuk itu dan menerapkannya pada wajah dan leher.

Berikut ini manfaat buah semangka untuk kesehatan :

1. Memelihara kesehatan ginjal
Kalium yang terkandung dalam manfaat buah semangka, membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

2. Pencegahan sariawan
Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bakteri di mulut. Bagi pencegahannya mengkonsumsi semangka dapat disandingkan dengan vitamin C.

3. Mengurangi resiko hipertensi dan stroke
Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah.

4. Anti inflamasi dan Antioksidan
Semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. Triterpenoid memberikan dukungan anti inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim yang biasanya menyebabkan peningkatan inflamasi.

5. Menu Diet dengan Buah Semangka

Buah semangka biasanya hanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Tapi tentu saja, semangka sebagai pencuci mulut tidaklah mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Berikut ini beberapa menu diet semangka yang mudah dicoba :

* Potong semangka berbentuk dadu dan campurkan beberapa buah es batu dalam blender untuk dingin menyegarkan. Jus semangka sangat sempurna untuk rehidrasi setelah olahraga atau saat hari siang, di bawah terik matahari

* Menu salad terkadang bisa jadi membosankan, namun dengan menambahkan semangka, mint dan mozzarella segar untuk tempat tidur daun bayam. Dapat menjadi pilihan menu salad yang mudah dibuat

Meskipun mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang baik, namun diet menu makanan atau pola makan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang beragam daripada berkonsentrasi pada makanan tertentu, sebagai kunci untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik.

Demikian artikel tentang semanga yang banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *