Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Hamil

Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Hamil

Dalam masyarakat Jawa, ada mitos yang melarang seorang ibu hamil untuk mengkonsumsi sayur jantung pisang. Mitos ini menyebut jika ibu hamil yang memaksa untuk tetap mengkonsumsinya dipercaya janin yang ada dalam kandungan akan menyusut ukurannya seiring bertambahnya usia kehamilan, sama seperti menyusutnya ukuran jantung pisang. Mitos ini tentu sangat menakutkan. Namun benarkah hal tersebut?

Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Hamil

Manfaat sayur jantung pisang untuk ibu hamil salah satunya yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal ini karena jantung pisang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi pada jantung pisang diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, magnesium, kalsium, posfor dan mineral penting lainnya yang berguna untuk kesehatan.

Berikut Manfaat Sayur Jantung Pisang Untuk Ibu Hamil

  1. Mengatasi gejala morning sickness

Pada tahap awal kehamilan atau trimester pertama, biasanya ibu hamil mengalami gejala mual dan muntah. Pada umumnya orang-orang menyebutnya sebagai gejala ngidam atau dalam istilah medisnya disebut dengan morning sickness. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi sayur jantung pisang. Hal ini karena jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang bisa meredakan gejala tersebut.

  1. Mencegah anemia dan diabetes.

Penyakit anemia dan diabetes adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi pada ibu hamil. Dalam hal ini jantung pisang sangat efektif untuk mengatasi gangguan tersebut. Kandungan zat besi dan serat pada jantung pisang berguna untuk membantu pembentukan hemoglobin. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam jantung pisang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

  1. Menyembuhkan luka pasca persalinan

Manfaat jantung pisang untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu untuk membantu menyembuhkan luka setelah persalinan. Hal ini karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dengan kadar rendah sehingga sangat efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi bakteri pathogen.

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI

Sama halnya dengan daun katuk, jantung pisang juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan dan memperlancar produktivitas ASI. Pada dasarnya konsumsi sayuran sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

  1. Memperbaiki mood ibu hamil

Meningkatnya hormon kehamilan biasanya berdampak terhadap suasana hati ibu hamil. Perasaan ibu lebih sensitif dan gelisah tanpa alasan. Untuk mengatasi hal tersebut, konsumsilah sayur jantung pisang secara teratur. Kandungan magnesium pada jantung pisang terbukti ampuh dalam mengembalikan mood ibu hamil.

Nah, demikian tinjauan dari sisi medis tentang manfaat sayur jantung pisang untuk ibu hamil. Jantung pisang bisa diolah dengan berbagia variasi tergantung bagaimana selera Anda. Semoga ulasan artikel yang penulis sajikan menjadi referensi bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang menjalani kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *