Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Sepertinya yang diketahui, para ibu hamil harus mencukup nutrisi agar janin yang dikandung bisa tumbuh dengan sehat. Salah satu bahan makanan yang cukup bermanfaat bagi si calon ibu adalah kacang hijau.

Kacang hijau sendiri, biasa digunakan sebagai bahan membuat bubur atau pudding. Walupun memiliki bentuk yang cukup kecil, namun kandungan protein pada jenis polong-polongan ini memiliki protein nabati dan mineral yang cukup tinggi.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Nutrisi yang Terkandung pada Kacang Hijau yang Baik untuk Ibu Hamil

  1. Pada kacang hijau terkandung fosfor dan kalsium yang sangat baik bagi tulang. Apabila ibu hamil tak begitu menyukai susu, kacang hijau bisa menjadi salah satu alternatif asupan gizi bagi calon ibu dan janin yang dikandungnya.
  2. Kacang hijau juga mengandung protein yang tinggi bahkan sebanyak 24%. Apabila asupan gizi protein tak mencukupi, ibu hamil dapat menjadikan kacang-kacangan sebagai asupan alternatif protein nabati.
  3. Serat yang terkandung pada kacang hijau juga sangat baik bagi ibu hamil yang mengaami susah buang air besar.
  4. Kadar lemak pada kacang hijau cukup rendah, sehingga makanan yang berasal dari olahan kacang hijau tidak mudah basi dan sangat baik untuk kesehatan jantung calon ibu.
  5. Vitamin B1 yang terdapat di kacang hijau dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil, sehingga sistem kerja syaraf menjadi maksimal karena asupan gizi terpenuhi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  6. Vitamin B2 merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat membantu penyerapan protein. Ibu hamil dapat mengkonsumsi kacang hijau sebagai memperlancar kerja syaraf tubuh.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Janin

  • Mencegah Lahir Cacat

Kacang hijau mengandung asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan janin agar terhindar lahir secara cacat, seperti kelainan jantung, bibir sumbing atau jenis kecacatan lainnya. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mengkonsumsi kacang hiaju untuk menjaga kesehatan calon si buah hati.

  • Mencegah Asupan Gizi

Protein yang cukup tinggi pada kacang hijau sekitar 24%. Bagi calon ibu, mengkonsumsi kacang-kacangan dapat digunakan sebagai alternatif sumber protein nabati yang cukup baik. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya yakni dapat melebatkan rambut sang calon buah hati dilahirkan. Karena salah satu sel pada rambut memerlukan asupan gizi protein dan bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kacang hijau.

  • Mencukupi Energi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil akan membutuhkan energi saat masa kehamilan dan menyusui si buah hati. kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada kacang hijau merupakan pilihan yang tepat untuk mencukupi energi bagi ibu hamil.

  • Mencegah Osteoporosis pada Ibu Hamil

Beberapa mineral yang terkandung pada kacang hijau yakni zat besi dan kalsium. Apabila ibu hamil mengkonsumsi rebusan air kacang hijau, secara tidak langsung mineral zat besi akan masuk ke dalam tubuh dan bermanfaat untuk membentuk hemoglobin serta kalsium yang berguna untuk membentuk jaringan dan tulang pada janin yang dikandung.

  • Membantu Memperlancar Pencernaan

Apakah calon ibu mengalami sembelit atau susah buang air besar ? Cobalah mengkonsumsi air rebusan kacang hjau. Apabila dikonsumsi secara teratur, bisa memperlancar dan menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil.

  • Makanan Rendah Lemak

Makanan atau minuman olahan kacang hijau memiliki kadar lemak yang cukup rendah dan membuatnya tak cepat basi. Manfaat kacang hijau sangat baik untuk kesehatan jantung ibu hamil karena lemak tak jenuh yang dimilikinya.

  • Memperbaiki Jaringan yang Rusak Setelah Melahirkan

Kacang hijau mengandung protein yang cukup tinggi dibandingkan bahan makanan lainnya seperti ikan, daging atau telur. Protein yang terkandung cukup kompleks dan membantu asam amino essensial dan non essensial sehingga ibu hamil wajib mengkonsumsinya.

Khasiat yang terkandung pada protein nabati di kacang hijau yakni membentuk dan memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi saat awal kelahiran. Baik untuk pertumbuhan bayi dan memperbaiki sel-sel jaringan yang telah rusak setelah melahirkan.

Cara Memasak Bubur Kacang Hijau yang Lezat dan Sehat

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg kacang ijo
  • 1/4 kg gula merah
  • Santan kental seperlunya
  • Garam dapur secukupnya

Langkah :

  1. Rebus kacang ijo hingga benar-benar masak dan lembut
  2. Masukan santan sedikit demi sedikit, lalu masukan gula merah aduk hingga mencair dan tidak kelihatan lagi bentuknya
  3. Tambahkan garam seperlunya dan tunggu sebentar
  4. Bubur kacang ijo lezat siap untuk disajikan.

Manfaat kacang hijau yang beragam di atas berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral di dalamnya. Kandungan nutrisi kacang hijau tidak hanya di atas saja, ia juga mengandung kalsium, zat besi, potasium, zinc, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6), vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk tubuh.

Oleh sebab itu, masukanlah bubur kacang hijau kedalam menu sehari-hari. Murah, mudah ditemui, dan bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat. Itulah ulasan singkat seputar manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan ibu hamil. Selamat mencoba dan jangan lupa share jika artikel diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *