Cara Mengatasi Tukak Lambung

bengkak lambung yang menyakitkan

bengkak lambung yang menyakitkan

Lambung merupakan bagian terpenting dari dalam tubuh untuk mencerna makanan yang masuk. Jika lambung mengalami peradangan yang ringan, lambat laun peradangan tersebut akan bertambah tingkat keparahannya terlebih jika tidak segera mendapatkan penanganan.

Lambung yang mengalami peradangan tersebut diperparah dengan adanya infeksi Helicobacter pylori yang akan mengakibatkan luka atau tukak dan pembengkakan. Bahkan pada infeksi lebih lanjut, dapat mempengaruhi timbulnya tumor lambung. Perjalanan yang cukup singkat untuk bertahap pada fase yang lebih membahayakan.

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus). Penyakit ini dapat menyerang semua orang pada segala umur. Meski begitu, lansia di atas 60 tahun memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.

Luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Gejala yang ditimbulkan pada lambung bengkak hampir sama dengan gejala yang terjadi pada maag/radang lambung, namun yang membedakannya yaitu rasa sakit yang lebih berat.

Gejala bila mengalami tukak lambung:

* Sakitnya Menyebar ke leher, pusar, hingga punggung.
* Muncul pada malam hari.
* Terasa makin parah saat perut kosong.
* Umumnya berkurang untuk sementara jika Anda makan atau
mengonsumsi obat penurun asam lambung.
* Hilang lalu kambuh beberapa hari atau minggu kemudian.

Inilah beberapa penyebab peradangan pada lambung:

* Terlambat makan
* Makan tidak teratur
* Makan terburu-buru
* Makan makanan yang merangsang produksi asam lambung seperti pedas dan asam
* Stres dan tekanan emosional yang berlebihan
* Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti, obat pengencer darah seperti asetil salisilat dan obat rematik golongan NSAID seperti ibuprofen, antibiotika golongan makrolida, kortikosteroid, dan metronidazole
* Minum kopi
* Minum alkohol
* Pola tidur yang tidak teratur
* Makan dengan porsi yang terlalu banyak

Langkah sederhana yang dapat kita lakukan agar terhindar dari risiko terkena tukak lambung. Di antaranya adalah:

* Menjaga kebersihan, misalnya sering mencuci tangan dan memastikan makanan benar-benar matang sebelum mengonsumsinya. Langkah ini berguna untuk menghindari risiko infeksi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa bakteri H. pylori berpotensi menyebar melalui makanan dan air minum.

* Berhati-hati dalam penggunaan obat anti inflamasi non-steroid
agar tidak berlebihan.

* Mengurangi atau berhenti merokok.

* Menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Penyakit yang berhubungan dengan lambung dapat disimpulkan sebagai penyakit umum yang tergolong ringan namun bisa sangat mengganggu para penderitanya. Namun tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan pengobatan yang juga relatif sederhana. Akan tetapi, tetap saja yang paling baik adalah mencegah penyakit lambung dengan menghindari faktor pencetusnya.

Meskipun penyakit lambung bisa sangat menyulitkan dan mengurangi kualitas hidup penderitanya, gaya hidup sehat, kebiasaan sanitasi bersih dan identifikasi dini beserta pengobatan yang tepat dapat mengurangi dan mencegah kerusakan lebih lanjut yang diakibatkan oleh penyakit lambung.

Demikian artikel yang dapat kami buat untuk membantu anda menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat dan share ya. Makasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *