Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

bertengkar

 

Karakter adalah akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Bukan hanya pendidikan yang diutamakan dalam membangun negara maju tetapi karakter lebih di utamakan.

Di usia dini anak-anak lebih menyerap apa yang orang sekitar katakan, dia belum paham apa yang kita ucap tapi dia akan terus menirukan apa yang orang katakan. Contohnya jika orang
tua bertengkar di depannya. Itu adalah salah satu hal yang dapat merusak karakter anak, karena semua ucapan yang orang tua ucap akan tersimpan dalam memory anak begitu juga expresi kedua orang tua yang sedang bertengkar.semua akan tersimpan sendirinya di dalam otak anak.

Pendidikan karakter anak itu sangat penting, karena namanya karakter itu akan di pakai terus menerus atau yang sering di sebut kebiasaan. Orang tua wajib mengajarkan hal yang baik terhadap anak, misal kejujuran. Kenapa harus kejujuran ? Nah karena kejujuran adalah hal yang utama yang harus di ajarkan pada anak. Kejujuran adalah benteng dari segala hal. Selanjutnya ada hormat. Ajarkan pada anak cara menghormati siapapun, karena dengan menghormati kita akan lebih disegani masyarakat.

Nah… sekarang mengerti kan betapa pentingnya pendidikan karakter anak. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *