Pengertian, Penyebab Dan Gejala Diabetes

Pengertian, Penyebab, dan Gejala Diabetes

Pengertian, Penyebab, dan Gejala Diabetes

Sekarang semua orang inginkan hidup sesimple mungkin tapi tanpa memikirkan tentang kesehatan itu yang membuat banyak penyakit gampang masuk dalam tubuh seperti penyakit satu ini yaitu Diabetes. Diabetes sekarang tidak mengenal usia itu dikarenakan pola makan yang serba instan.

Diabetes Salah satu jenis penyakit kronis yang di tandai meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Mengenali sejak dini tentang penyakit diabetes merupakan suatu kesempatan untuk mengendalikan gula darah bahkan mencegah timbulnya diabetes. Untuk mendeteksi pengidap diabetes yaitu dengan melakukan pemeriksaan gula darah.

Masyarakat mengenal penyakit gula atau penyakit diabetes kering dan basah. Penyebab diabetes kering biasanya terjadi dalam kondisi tubuh yang kering. Sedangkan diabetes basah pada keadaan tubuh masih gemuk. Penyakit diabetes itu juga biasanya adanya faktor keturunan dari nenek kakek atau keluarga.

Faktor gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu penyebab diabetes di usia muda karena saat ini banyak anak muda yang tidak memperdulikan masalah kesehatan tubuhnya dengan melakukan gaya hidup yang tidak sehat.

Penyebab diabetes di usia muda sukanya makanan cepat saji seperti fast food dan makanan gorengan, sering ngemil keripik-keripik dan kue manis-manis, teh terlalu manis yang mengandung 3000 kalori, jarangnya gerak anak jaman sekarang malah seringnya merokok dan minum minuman bersoda. Seringnya stres sehingga tidur pun susah.

Gejala awal terkena Diabetes :

1. Sering buang air kecil dalam jumlah yang besar karena ginjal pada saat itu ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Sehingga sering haus dan banyak minum.

2. Menurunnya berat badan karena tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi meski nafsu makan normal tetapi berat badannya sulit naik.

4. Mudah lelah tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi. Maka sering tidur.

Gejala tahap lanjut Diabetes :

1.Berat badan turun dengan cepat disebabkan karena pankreas mulai rusak. Karena pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin.

2. Sering Kesemutan gejala ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung–ujung saraf pun berkurang.

3. Luka yang sulit sembuh adalah efek lain dari kerusakan pembuluh darah. Kadang tidak sadar mereka telah terluka tidak adanya rasa nyeri, maka luka yang awalnya kecil dapat membesar menjadi borok dan bahkan membusuk.

Semoga info ini bisa merubah gaya hidup Anda. Dan bermanfaat untuk Anda dan orang yang anda cintai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *