Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes

Penyakit Herpes

Penyakit Herpes

Penyebab herpes adalah sejenis penyakit kulit yang menular. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya menurun sangat memungkinkan tubuhnya dijadikan inang. Penyakit herpes sebenarnya bisa menyembuhkan dirinya sendiri walaupun waktunya tidak menentu, bisa cepat namun bisa sangat lama. Tapi bagi penderita yang sudah pernah mengalami penyakit herpes akan kembali mengalaminya dalam jangka waktu tak menentu.

Ada dua macam penyakit herpes yaitu herpes zoster dan herpes simpleks.
1. Herpes Zoster merupakan infeksi yang disebabkan virus Varicella zoster yakni virus yang menyebabkan cacar air. Gejala biasanya muncul berupa ruam yang terasa gatal berbentuk gelembung kecil terutama di punggung. Kalau sampai pecah dapat menyebar.

2. Herpes simpleks memiliki dua jenis virus yaitu HSV-I dan HSV-2. HSV-1 biasanya Bagian tubuh yang diserang kerap mengenai area mulut dan sekitar bibir. Sedangkan HSV-2, merupakan penyebab dari herpes pada kelamin. Jika menginfeksi kemaluan dapat menyerang vagina dan penis yang biasa melunar lewat hubungan intim.

Jika sudah positif dijangkiti herpes, sebaiknya penderita melakukan pencegahan agar tidak menular ke orang lain. Virus herpes bisa berpindah tempat pada saat berhubungan intim tanpa kondom (mesti tidak efektif 100 persen), bersentuhan kulit dengan penderita, memakai barang bersama dengan penderita herpes seperti handuk, gelas, peralatan makan, telepon gengam, dll.

Pengobatan penyakit herpes :
-Pengobatan luar
Untuk pengobatan luar ini anda dapat menggunakan bedak atau salep. Itu juga sebagai langkah pencegahan agar anda tidak menggaruknya. Salep yang dianjurkan adalah salep acyclovir.

-Pengobatan dari dalam
Anda dapat minum obat penurun panas atau penghilang nyeri seperti parasetamol atau anda juga sangat dianjurkan untuk minum obat acyclovir oral sehingga pengobatan dapat berjalan optimal.

Bisa juga dengan obat tradisional yaitu :

-Kulit manggis
Dicuci sampai bersih kemudian direbus sampai matang. Lalu saring dan minum ramuannya dengan rutin dan teratur.

-Daun Sirsak
Sama seperti kulit manggis dicuci kemudian direbus lalu disaring dan diminum secara teratur dan rutin.

-Madu Asli
Dengan dibalurkan atau diusapkan pada kulit yang terinfeksi.

-Teh hitam dan Teh Hijau
Dengan menyeduh teh hitam/Teh hijau kemudian ambil kain celupkan kedalam teh hitam, tempelkan kain tersebut pada kulit yang terkena herpes tapi jangan lupa sedikit di tekan dalam waktu 30 menit.

-Gel lidah buaya
Oleskan gel lidah buaya pada kulit secara teratur dan rutin.

-Daun kacang gude
Tumbuk daun kacang gude tersebut dan oleskan pada kulit.

Tapi penyakit ini bisa berbahaya, kalau perlu segera konsultasi ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *