Rahasia Sukses Dahlan Iskan membangun Bisnis

Rahasia Sukses Dahlan Iskan membangun Bisnis

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Rahasia Sukses Dahlan Iskan membangun Bisnis

Dahlan Iskan, siapa yang tidak kenal dengan beliau. Sepak terjangnya baik dalam berbisnis maupun saat menjadi menteri menginspirasi banyak orang. Kisah sukses nya dalam mengarungi kehidupan juga tak kalah menariknya untuk di kupas. Dari seorang yang bukan siapa-siapa, Dahlan Iskan menjelma menjadi seorang yang sukses sebagai pebisnis maupun juga dalam karir jabatan.

Sebagai seorang pebisnis, beliau berhasil mengelola dan memimpin surat kabar Jawa Pos yang ketika ia pimpin bisa dikatakan sudah hampir mati. Di awal masa dia memimpin, Jawa Pos hanya mampu memproduksi sekitar 6.800 eksemplar. Namun setelah 5 tahun di tangannya, Jawa Pos berhasil berproduksi mencapai 126.000 eksemplar.

Sebagai abdi negara pun karirnya terbilang moncer. Pada tahun 2009 beliau dipilih menjadi Direktur Utama PLN menggantikan pendahulu nya Fachmi Mochtar. Pak Dahlan sebagai sorang yang sering terjun ke lapangan dalam melihat masalah, mulai menunjukkan hasil positif dalam memimpin PLN. Kesuksesannya menggawangi PLN membuat Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono memilihnya menjadi Menteri BUMN dalam kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Dari perjalanan sukses baik dalam berbisnis maupun dalam jabatan ini membuat banyak orang bertanya-tanya apa sebenarnya tips sukses beliau dalam mengarungi semua itu. Simak ulasan 3 rahasia sukses Dahlan Iskan di bawah ini :

1. Merantau, Menjemput Tantangan

Ya, Beliau suatu ketika pernah menyampaikan bahwa salah satu kunci nya dalam kesuksesan adalah merantau. Merantau keluar dari kampung dan keluar dari kemiskinan adalah salah satu jalan menju kesuksesan. Bisa berarti juga bahwa seseorang dalam perantauan akan lebih berani dalam menantang dirinya untuk menjemput kesuksesan. Keberanian dalam menjemput tantangan sejatinya adalah peluang besar dalam menggapai kesuksesan.

Merantau bukan hanya tentang bagaimana Anda bisa bepergian dan selalu mencari tempat di mana ada pekerjaan. Namun lebih dari itu, merantau adalah kawah candradimuka yang sangat dahsyat jika Anda mampu memanfaatkan dengan bijak kesempatan itu. Merantau lebih sebagai sarana dalam menimba ilmu, membaca peluang dan memupuk keberanian.

“Saya tidak akan keluar dari kemiskinan dan dari kampung, kalau saya tidak merantau. Tamat SMA saya ke Kalimantan, di sana ketemu dengan hal-hal baru, “ ungkap Dahlan Iskan.

2. Konsistensi Dalam Menjalankan Sebuah Bisnis Plan

Kunci sukses menurut beliau adalah sikap konsisten dalam melakukan suatu langkah bisnis yang sesuai dengan rencana bisnis yang sudah dibuat. Ini yang sering menjadi biang kegagalan seseorang dalam menjalani dunia usaha atau bisnis. Sikap konsisten merupakan salah satu modal utama dalam melakukan apapun. Tanpa konsistensi yang kuat, sebaik apapun program kerja yang sudah Anda susun semua akan sia-sia.

Selain itu, konsistensi juga memerlukan tenaga yang lebih untuk mengaplikasikannya dalam tindak bisnis. Tidak mudah memang menerapkannya, namun jika Anda memang memiliki tekad yang kuat dalam berbisnis, semuanya tidak ada yang mustahil.

Semuanya membutuhkan latihan, termasuk konsistensi juga demikian. Keseriusan dalam latihan juga menjadi faktor sukses Anda dalam mengaplikasikan sikap konsisten. Berlatihlah dengan hal yang ringan dulu, seperti misalnya bangun lebih pagi setiap hari, itu akan sangat membantu Anda. Melakukan sesuatu secara bertahap dalam line-nya. Percayalah.

3. Menyekolahkan Anak Ke Luar Negeri

Sedikit aneh memang jika kita pikir secara sederhana, apa hubungannya menyekolahkan anak ke luar negeri dengan kesuksesan dalam berbisnis. Begitulah cara orang kreatif berpikir, bahkan beliau juga menyebutkan bahwa sekolah ke luar negeri bukan untuk menjadi pintar, nah tambah bingung kan. Namun ternyata di balik sekolah anaknya ke luar negeri ternyata banyak keuntungan yang bisa didapat selain ilmu dari sekolah itu sendiri.

Dengan menyekolahkan anaknya ke luar negeri ketika itu, beliau yakin akan bisa mendapatkan pengganti yang tepat untuk jabatannya sebagai pemilik Jawa Pos Group. Selain itu, keuntungan yang paling signifikan adalah dengan sekolah ke luar negeri, menjadikan peluang terbuka untuk mendapatkan koneksi yang lebih bagus. Peluang ini akan sangat berharga ketika dibawa dalam dunia bisnisnya ke depan.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *