Tips Mengatasi Susah Makan Pada Anak

Susah makan pada anak

Susah makan pada anak

Anak susah makan itu hal yang selalu jadi masalah tersendiri bagi para orang tuanya dimanapun, terutama ibu. Bukan cuma kebutuhan nutrisi yang khawatir tidak terpenuhi, anak susah makan juga dikhawatirkan mengalami keterlambatan atau masalah tumbuh kembang. Padahal makan itu hal terpenting di masa pertumbuhan anak.

Biasanya ini terjadi ketika usianya memasuki tahun pertama. Masalah tersebut biasanya berupa menolak makanan, tidak suka sayur,  mau makan itu-itu saja (picky eater), atau mengemut makanannya berlama-lama. Belum lagi jika anak  pilih-pilih makanan. Kondisi ini tentu membuat ibu khawatir dan stres akan kecukupan gizi si kecil, mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang.

Faktor penyebab seorang anak susah makan dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik meliputi terdapatnya gangguan di organ pencernaan terdapatnya infeksi. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.
Berikut ini cara mengatasi anak susah makan tanpa memaksa anak :

1. Cari Tahu Penyebabnya
Kenapa anak tidak nafsu makan. Setelah itu berilah nutrisi yang cukup dan baik agar berat badannya bertambah.

2. Berikan Anak Asupan Gizi Seimbang
Berikanlah makanan anak sesuai dengan usia, perkembangannya dan aktivitasnya. Beri porsi yang cukup bukan berlebih.

3. Variasi makanan

Cobalah buat beberapa pilihan variasikan menu, keragaman dan penyajian yang menarik diperlukan agar anak tidak cepat bosan. Dengan disajikan semenarik mungkin.

4. Makanan porsi kecil dan bergizi padat
Lebih baik memberi makanan yang padat gizi dan berenergi tinggi secara bertahap pada waktu dan dalam porsi sedikit. Seperti buah-buahan.

5. Jadikan saat makan menyenangkan
Ciptakan suasana yang menyenangkan dan buatlah acara makan menjadi saat yang menggembirakan buat anak. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti.

6. Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Cara pemberian makan juga penting, anak tak boleh dipaksa. Dan jangan memburu anak agar makan dengan cepat.

7.Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan
Biarkan anak membantu di dapur sehingga anak merasa mampu, dipercaya oleh orangtua, semakin mandiri dan kemampuan motoriknya juga akan terlatih. Semakin semangat makan.

8. .Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.

9. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.
Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting, namun bila terlalu banyak minum, tidak akan ada tempat untuk makanan.

Semoga bermanfaat info dari kami buat bunda jangan bosan pula untuk memberi makanan yang baik untuk pertumbuhan buah hati anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *