Tanamkan Aqidah Pada Anak

aqidah

 

Pada umumnya anak usia 3 tahun sudah mampu menirukan kembali urutan kata (2 kata),  Anak juga akan mempunyai rasa ingin tahu dengan cara terus bertanya dengan menggunakan kata “apa”.

Dengan anak seusia itu sudah bisa menirukan kembali urutan kata, buat apa kalau tidak di manfaatkan? misal dimanfaatkan untuk mengajarkan anak-anak tentang aqidah.

Ada 3 ilmu tentang aqidah yang perlu di ajarkan kepada anak-anak. apa saja ? Yuk baca lanjutannya..

1. Mengajarkan kalimat tauhid
“Jadikanlah kata-kata pertama kali yang diucapkan seorang anak adalah kalimat Laa ilaaha illallaah. Dan bacakan padanya ketika menjelang maut kalimat Laa ilaaha illallaah”. (HR. Al-Hakim).

Dari hadist tersebut, pasti anda sudah faham kan mengapa anak-anak harus di ajarkan kalimat tauhid.

2. Mengenalkan dan menanamkan cinta pada Allah
Mengenalkan dan menanamkan cinta pada Allah tidak perlu ribet kok, cukup ajarkan terlebih dahulu melafadzkan kalimat thoyyibah. Seperti mengucapkan Allahu Akbar, Subhanallah, Alhamdulillah, dan juga beri tahu kenapa mereka harus mengucap kalimat thoyyibah tersebut.

3. Menanamkan cinta pada Rasul
Ajarkan kepada anak-anak hal tersebut dengan cara membaca alquran beserta artinya, atau ceritakan pada mereka kehidupan para Rasul pada zaman itu. Agar mereka bisa belajar bahkan menirukan kehidupan para Rasul.

Demikian artikel dari kami, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *