Tips Diet Sehat Dengan Sayuran

sayuran terbaik untuk diet sehat

sayuran terbaik untuk diet sehat

Sayuran memang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan secara diet. Karena sayuran merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, rendah lemak, kaya akan mineral dan vitamin. Diet menggunakan sayur-sayuran sangatlah baik karena menggunakan bahan alami. Untuk diet alami seperti mengkonsumsi sayur-sayuran memang waktunya terbilang lama dibandingkan menggunakan alat ataupun obat-obatan. Efek samping diet menggunakan obat-obatan sangat tidak baik bagi kesehatan, selain itu hasilnya pun tidak maksimal.

Langkah untuk melakukan diet yang tepat :

* Makan sedikit karbohidrat di pagi hari dan perbanyak makan sayuran yang dapat membantu anda untuk kenyang lebih lama. Asparagus adalah salah satu sayuran yang baik untuk menahan lapar.

* Anda dapat makan secara berulang-ulang untuk melakukan diet cepat yang sehat. Namun porsi sekali makan juga harus sedikit dan perbanyak sayuran. Jangan melakukan diet cepat tanpa makan, karena hal itu adalah kesalahan besar. Selain itu konsumsi karbohidrat juga sangat diperlukan namun dengan porsi hanya sebagai penyeimbang nutrisi.

* Jangan makan dimalam hari terutama 2 jam sebelum tidur. Ketika anda adalah tipe orang yang menyukai tidur larut malam, maka jangan makan diatas jam 9.30 malam. Makan di malam hari adalah salah satu penyebab kegemukan dan sangat tidak sehat. Pada saat tidur, kemampuan lambung mencerna makanan akan melambat.

* Gunakan sayuran sebagai makanan pokok anda setiap hari, dan imbangi dengan air yang cukup. Selain kaya akan vitamin, tarnyata sayuran juga mempunyai fungsi detoksifikasi atau penghilang racun dalam tubuh.

* Makan sayuran dan buah mentah merupakan hal yang wajib. Hal itu sangat bermanfaat mengingat vitamin yang ada di dalam sayuran dapat berkurang ketika dimasak.

* Anda juga bisa memakan nutrisi hewani dengan porsi yang sedikit, namun sangat disarankan untuk menggila pada porsi sayuran anda.

Berikut jenis sayuran terbaik untuk diet yang dapat Anda coba di rumah :

1. Brokoli, kandungan potasiumnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Rasa brokoli yang tidak pahit dan berair akan sangat menyenangkan bila dijadikan sebagai cemilan baru bagi anda.

2. Bayam, penting dalam menjaga kadar gula darah anda. sayuran yang identic dengan tokoh kartun popeye ini kaya akan zat besi, magnesium, dan antioksidan.

3. Tauge, membantu tubuh untuk tetap prima sepanjang hari karena kandungan berbagai vitamin dan protein

4. Wortel, banyak mengandung beta karoten dalam jumlah yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakaran lemak secara cepat. Selain itu wortel juga banyak mengadung serat yang dimana setengah diantaranya merupaka serat larut kalsium pektat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan nafsu makan yang berlebihan.

5. Kacang-kacangan, disebut sebagai makanan satu-satunya yang memiliki fungsi sebagai pembakar lemak dalam tubuh yang paling efektif. Hal itu dikarenakan oleh kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki kalori yang rendah. Selain itu zat tepung dalam kacang-kacangan yang dicerna dalam tubuh dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *