Tips Menjadi Entrepreneur Dari Ryan Gondokusumo

Tips Menjadi Entrepreneur Dari Ryan Gondokusumo

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini mulai banyak anak muda yang menyukai berkarir di dunia bisnis. Dari pada meniti karir sebagai seorang profesional yang bekerja pada suatu perusahaan, para pemuda kini lebih tertarik untuk mendirikan dan mengembangkan bisnisnya sendiri dengan menjadi entrepreneur. Kesuksesan dari banyak orang yang menekuni dunia bisnis menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemuda.

Tips Menjadi Entrepreneur Dari Ryan Gondokusumo

Beberapa waktu yang lalu, Ryan Gondokusumo, CEO Sribu dan Sribulancer yang juga merupakan sosok pemuda panutan bagi yang ingin terjun di dunia bisnis, berbagi tips tentang#entrepreneurship. Ia berbagi pengalaman dan ilmu yang ia dapatkan ketika mulai membangun Sribu dan Sribulancer. Untuk Anda yang ingin membangun sebuah startup bisnis, perhatikan beberapa tips nya di bawah ini.

1. Bekerja Dulu Sebelum Menjadi Entrepreneur

Ryan menuturkan bahwa memiliki keinginan membangun bisnis sendiri itu adalah bagus, namun perlu disadari bahwa terjun di dunia bisnis itu tidak mudah. Ryan menuturkan bahwa menjadi seorang entrepreneur itu tak ubahnya berjalan di jalan yang tidak pasti. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi, dan juga tentu akan membutuhkan uang dan waktu untuk mendapatkan sukses dari bisnis.

Ryan tidak merekomendasikan untuk langsung berbisnis setelah lulus kuliah, apa lagi bagi yang sama sekali belum berpengalaman. Menurut Ryan jauh lebih baik bekerja terlebih dahulu beberapa tahun untuk belajar lebih dalam tentang banyak hal terkait bisnis. Ryan sendiri sebelum membangun bisnisnya adalah seorang pekerja profesional selama tujuh tahun.

2. Mulai Membangun Bisnis Sendiri Sebelum Menikah

Anda harus memperhatikan waktu, ini sangat penting menurut Ryan. Artinya ketika Anda memiliki sebuah keinginan di masa depan, misalnya membangun bisnis tertentu, maka Anda harus memastikan bahwa itu sudah Anda rencanakan dengan matang.

Dan lagi Ryan berpesan agar seorang mahasiswa jika ingin menekuni bisnis, maka sebaiknya bangunlah bisnis sendiri sebelum menikah. Karena tentu saja ketika menikah waktu Anda akan terbagi untuk mengurusi keluarga, apalagi untuk bisnis yang masih dalam tahap #startup yang memerlukan banyak waktu untuk mengurusinya. Maka membangun bisnis sebelum menikah menjadi pilihan yang sangat tepat.

3. Publikasi Melalui Media Harus Dilakukan

Pada mulanya mungkin publikasi dari media mungkin masih enggan dilakukan dengan berbagai alasan, seperti apa yang pernah dialami Ryan sendiri. Namun mau tidak mau Anda harus melakukannya, karena peran media sangat penting sekali untuk perkembangan bisnis Anda. Bahkan tanpa publikasi media, sebuah bisnis bisa tutup dalam waktu enam bulan. Jadi yang harus Anda lakukan adalah menjadikan media sebagai teman baik, untuk kemudian mengangkat brand Anda ke permukaan.

4. Membangun Kepercayaan Pelanggan Adalah yang Utama

Menurut Ryan, kepercayaan dari pelanggan adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Anda harus bisa membuat startup bisnis Anda terpercaya di mata pelanggan, karena ketika pelanggan percaya dengan bisnis Anda, maka dengan suka rela mereka akan menggunakan jasa Anda kembali.

Lebih dari itu, ketika mereka puas dengan pelayanan Anda, tentu mereka akan merekomendasikan teman terdekatnya untuk menggunakan jasa dari bisnis Anda. Dan ini bisa menjadi suatu publikasi dan #promosi paling ampuh untuk menambah pelanggan Anda yang pada akhirnya tentu akan membuat bisnis Anda menjadi semakin berkembang.

5. Mulai Melebarkan Koneksi

Ketika bisnis Anda mulai mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, jangan berhenti dulu. Ada yang perlu Anda lakukan kemudian yaitu melebarkan koneksi Anda. Dengan melebarkan koneksi, tentu bisnis Anda akan bisa semakin berkembang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan koneksi, seperti misalnya bergabung dengan berbagai forum bisnis, ke grup#Facebook atau bisa juga dengan mengunjungi berbagai event startup seperti konferensi Tech in Asia. Koneksi yang Anda bangun sangat memiliki peran yang signifikan untuk bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Itulah beberapa tips dari Ryan Gondokusimo untuk Anda yang ingin menekuni dunia bisnis. So, sudah siapkah Anda bertarung dan memenangkan persaingan bisnis? (

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *