Tips Sukses dari Jack Ma

Tips Sukses dari Jack Ma

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Tips Sukses dari Jack Ma

Founder Alibaba, Jack Ma, adalah seorang yang fenomenal. Sosoknya yang karismatik sekaligus eksentrik, membuatnya menjadi panutan bagi banyak orang. Perjalanan kewirausahaannya dari menjadi guru bahasa Inggris hingga membuat Alibaba sukses, juga menjadikannya seorang entrepreneur yang sangat disegani.

Tech in Asia sendiri sering mengulas berbagai hal tentang Jack Ma, seperti isi pidatonya, kutipan inspiratif, dan masih banyak lagi. Kali ini, kami akan mengulas sebuah kompilasi video yang dibuat oleh Evan Carmichael – seorang entrepreneurial expert yang juga membuat kompilasi video tentang banyak entrepreneur terkenal lainnya – tentang 10 aturan untuk sukses dari Jack Ma.

1. Terbiasa dengan penolakan

Sebelum menjadi sukses seperti sekarang, Jack Ma dulunya mengalami banyak penolakan. Jack mengatakan bahwa setelah lulus kuliah, ia mencoba melamar pekerjaan sebanyak 30 kali dan semuanya ditolak. Bahkan ia juga mengatakan bahwa ketika KFC mulai masuk ke China, ia juga mendaftar sebagai pelayan di restoran cepat saji tersebut. Hasilnya, dari 24 orang yang mendaftar, dia lah satu-satunya orang yang ditolak.

Entrepreneur harus bisa melihat penolakan dan kegagalan sebagai pijakan untuk bangkit dan dorongan untuk menjadi lebih baik.

2. Terus jaga mimpi Anda

“Kami punya kode rahasia untuk kesuksesan Alibaba,” ujar Jack Ma. Uniknya, kode tersebut juga berlaku untuk semua orang. Apakah kode itu? Terus jaga mimpi Anda. “Karena mimpi tersebut mungkin akan terwujud suatu hari nanti,” ujarnya.

3. Fokus pada kultur perusahaan

Jack Ma mengatakan bahwa kultur perusahaan merupakan nilai utama dari Alibaba. Ia juga mengatakan bahwa teknologi bukanlah nilai utama, teknologi hanyalah alat. Jack mengatakan bagaimana Alibaba berfokus pada nilai, kultur, dan misi; telah membuat perusahaan ini sukses. “Semua orang bekerja untuk membantu orang lain, daripada hanya untuk mendapatkan uang,” ujar Jack.

4. Jangan pedulikan orang yang meremehkan Anda

Jack menceritakan pengalaman saat ia menyampaikan ide Alipay. Banyak orang mengatakan, “Ini [Alipay] adalah ide terbodoh yang pernah kamu punya.” Namun Jack Ma tidak mempedulikan cemoohan mereka dan terus maju dengan Alipay. Ia tidak masalah idenya disebut bodoh asalkan banyak orang yang akan menggunakan produknya tersebut.

5. Mengambil inspirasi dari banyak hal

Mengambil pelajaran dari berbagai hal yang ada di lingkungan sekitar merupakan hal yang sangat penting bagi entrepreneur. Jack Ma menceritakan bagaimana dirinya belajar banyak hal dari film. Ia mengatakan telah belajar berpidato dari film Bodyguard, pada film tersebut Whitney Houston bernyanyi dari hati dan menjadi dirinya sendiri. Itulah yang diterapkan Jack pada pidato-pidatonya. Film favorit Jack Ma adalah Forrest Gump.

6. Tetap fokus

Jack Ma menolak banyak ide bisnis yang diajukan padanya. Menurutnya ia hanya akan mempertimbangkan ide yang sesuai dengan misi perusahaannya. Sebagai entrepreneur, Anda harus fokus pada misi perusahaan Anda dan belajar untuk berkata “tidak”.

7. Memilih nama yang bagus

Jack Ma menamai perusahaan internetnya “Alibaba” bukan tanpa alasan. Suatu hari ketika ia berada di sebuah kedai kopi di San Fransisco dan mulai mendapatkan ide nama Alibaba, ia bertanya kepada pramusaji, “Apakah kamu tahu tentang Alibaba?” Pramusaji menjawab, “Ya.” Jack Ma kembali bertanya, “Apa yang kamu ketahui tentang Alibaba?” “Alibaba dan 40 pencuri”, jawabnya. Sontak Jack Ma berkata, “Ya, ini namanya!”

Jack Ma kemudian bertanya kepada beberapa orang tentang Alibaba, dan semua orang tahu tentang itu. Ia mengambil nama Alibaba karena nama itu banyak diketahui orang, mudah diingat, dan mencerminkan sosok entrepreneur yang baik hati, cerdas, dan membantu orang-orang tidak mampu.

8. Pelanggan prioritas nomor 1

“Kami percaya pelanggan nomor satu, karyawan nomor dua, dan pemegang saham nomor tiga,” ujar Alibaba. Memprioritaskan pelanggan bisa dibilang merupakan salah satu “mantra” Alibaba. Jack berpendapat bahwa pelanggan lah yang menjadi sumber penghasilan bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha sebaik mungkin memenuhi kebutuhan mereka.

9. Jangan mengeluh, cari peluang

Jack Ma mengatakan bahwa di mana ada masalah, maka di situ ada peluang. Dan seyogyanya orang tidak mengeluh jika ada masalah, melainkan melihat dan memanfaatkan peluang yang tersaji di hadapannya.

10. Punya passion

Kita harus punya passion yang kuat untuk mewujudkan tujuan dan mimpi kita. Sesulit dan sekeras apapun usaha yang harus kita lakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut, kita harus melakukannya. Jack Ma mengatakan kepada timnya, “Kita harus bersusah-susah dahulu selama 3 hingga 5 tahun, itulah satu-satunya cara kita bisa sukses.” Jika tidak memiliki passion yang kuat, kita tidak akan bertahan, bahkan satu hari pun.

Jack Ma: “Kami tidak lebih pintar atau bekerja lebih keras, lalu kenapa kami bisa menjadi miliuner?”

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *