Tips untuk Mengatasi Biduran dengan Air Kelapa

Tips untuk Mengatasi Biduran dengan Air Kelapa

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Biduran atau urtikaria adalah gangguan kulit berupa benjolan-benjolan kemerahan yang tumbuh berkelompok dan rasanya sangat gatal. Biduran bisa berlangsung dari hanya beberapa menit sampai beberapa hari. Umumnya tidak berbahaya dan tidak meninggalkan bekas. Walau demikian, biduran bisa saja menjadi berbahaya bila sampai menyebabkan lidah atau tenggorokan menyumbat jalan udara sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran.

Tips untuk Mengatasi Biduran dengan Air Kelapa

Biduran hampir dipastikan timbul akibat alergi entah terhadap bahan makanan, bulu binatang, racun serangga, udara dingin atau panas, obat atau adanya masalah emosional. Alergi umumnya bersifat turunan.

Gejala biduran antara lain bercak-bercak berwarna kemerahan di permukaan kulit dengan ukuran berbeda-beda yang rasanya sangat gatal. Untuk mencegah terulangnya biduran, usahakan mencari penyebab alergi dan perhatikan bahan apa saja yang baru disentuh, dimakan, atau diisap ketika mulai terserang biduran.

Mungkin Anda bertanya-tanya, benarkah air kelapa bisa menjadi pilihan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti halnya biduran? Ada pro dan kontra terkait dengan pendapat tersebut. Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa khasiat air kelapa untuk pengobatan gangguan kaligata atau biduran hanyalah mitos belaka, karena belum ada hasil penelitian medis yang dapat membuktikan kebenaran pendapat tersebut.

Tips untuk Mengatasi Biduran dengan Air Kelapa

Akan tetapi  sebagian kalangan masyarakat telah terlanjur percaya dan meyakini bahwa untuk mengobati masalah biduran, meminum air kelapa yang dicampur dengan sedikit madu selama beberapa hari akan dapat menghilangkan masalah tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa air kelapa dikatakan ampuh untuk mengatasi masalah biduran atau urtikaria, di antaranya :

  1. Air kelapa sarat akan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh

Asupan nutrisi yang baik akan bermanfaat bagi tubuh kita, yaitu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga bisa selalu bekerja dengan baik, sehingga kondisi tersebut akan melindungi tubuh dari serangan penyakit, misalnya saja gangguan pada kulit seperti urtikaria (biduran). Air kelapa memiliki kandungan makronutrient seperti karbohidrat, protein, serta lemak. Selian itu, air kelapa juga memiliki kandungan mikronutrien yaitu vitamin (seperti vitamin B3, B5, B6, serta vitamin C) serta mineral penting lainnya (seperti fosfor, kalsium, kalium, zinc, magnesium, dan natrium).

  1. Air kelapa mampu menghilangkan racun-racun dari dalam tubuh

Salah satu tujuan proses detoksifikasi (pengeluaran racun-racun) pada tubuh adalah agar kondisi kesehatan tubuh bisa selalu terjaga. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit dan ion yang dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh manusia, sehingga berbagai macam bentuk racun-racun yang berada di dalam tubuh kita yang disinyalir sebagai penyebab infeksi penyakit bisa keluar dari tubuh kita dengan cepat.

Mungkin itulah yang menjadikan alasan mengapa air kelapa sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan urtikaria. Bagi Anda yang saat ini mengalami gangguan ini, bisa mencoba pengobatan tradisional yang cukup mudah dan praktis ini, yakni cukup dengan mengkonsumsi air kelapa yang dicampur dengan sedikit madu selama 3 hari berturut-turut. Akan tetapi ada baiknya juga jika Anda segera berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mengetahui seberapa parah gangguan tersebut dan langkah yang paling tepat untuk mengatasinya.

Pengobatan Biduran Lainnya

Selain mengkonsumsi air kelapa maupun ramuan tradisional, ada baiknya jika penderita biduran memperhatikan hal-hal berikut sebagai langkah meringankan gejala penyakit yang ia derita, seperti berikut ini :

  • Hindarilah menggaruk bagian kulit tubuh yang terasa gatal
  • Sebaiknya penderita biduran mandi dengan menggunakan air hangat, karena hal ini akan membantu meringankan rasa gatal yang timbul
  • Pilihlah pakaian yang longgar serta tidak akan menimbulkan rasa gerah, karena keringat yang timbul akibat gerah akan memperparah rasa gatal sebagai salah satu gejala biduran.
  • Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu timbulnya alergi, seperti seafood atau jenis makanan lainnya.
  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Demikian pembahasan kita tentang manfaat air kelapa untuk biduran atau urtikaria. Semoga bermanfaat.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *