Waspada Penyakit Cacingan

Waspada Penyakit Cacingan Menyerang Anak Anda

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Waspada Penyakit Cacingan

Cacingan merupakan masalah yang susah dikenali dan dianggap remeh di kalangan masyarakat. Itu karena tidak dapat dilihat dengan kasat mata dan sulit dideteksi yang sering menyerang anak-anak yang sering beraktifitas diluar rumah terutama bermain di tanah dan menggengam tanah yang mengandung banyak telur cacing.

Bila sudah terkontaminasi dengan telur cacing kemudian mengkonsumsi makanan maka masuklah ke dalam tubuh dan mengalami perkembangan dan membentuk pasukan di dalam usus anak. Biasanya cacing bisa dengan mudah menular.

Padahal penyakit ini bisa menurunkan tingkat kesehatan anak. Cacingan biasanya ditandai dengan perut buncit, lemas, dan tak bergairah pada anak. Gejala penyakit cacingan pun akan sulit dideteksi, jika jumlah cacing yang bersarang dalam tubuh masih sedikit. Namun jika sudah banyak bisa menyebabkan anemia, IQ menurun, lemas tak bergairah, ngantuk, malas beraktivitas serta berat badan rendah. Sehingga dapat menurunkan konsentrasi dan prestasi disekolah.

Cara masuknya cacing ke dalam tubuh beraneka ragam. Cacing gelang yang bersarang dalam tubuh dengan jumlah telur infektif 100.000-200.000 perhari biasanya masuk melalui makanan. Untuk cacing cambuk, telur infektif yang ada di dalam tubuh sebanyak 3000-5000 dalam waktu 3-6 minggu biasanya juga masuk lewat makanan.

Sedangkan telur cacing tambang biasanya bisa berkembang dalam tubuh lewat makanan dan kulit. Telur cacing cambuk yang infektif bisanya berjumlah 9000-10.000 dalam waktu 3 hari.

Gejala penyakit ini pada anak bisa menghambat pertumbuhan pada anak karena kurang gizi. Karena pasokan gizi sudah dihabiskan oleh cacing dalam tubuh di perut. Penyakit anemia biasanya dilakukan cacing tambang yang menghisap sel darah merah. Itu membuat tingkat kecerdasan mengalalmi gangguan karena aliran darah yang mengantar oksigen ke otak mengalami gangguan. Serta bisa terjadi penyumbatan usus sehingga radang paru mengalami masalah dan juga gangguan hati.

Cara mencegah gejala penyakit cacingan pada anak adalah dengan sebelum makan dan setelah makan harus mencuci tangan terlebih dahulu. Mandi secara teratur dan mencuci tangan serta kaki setelah melakukan aktifitas di luar rumah. Anak juga harus dibiasakan memakai alas kaki jika bermain di luar rumah itu salah satu untuk mencegah penyebaran penyakit cacingan pada anak. Sedangkan pada para orang tua memasak dengan air bersih yang mengalir dan membersihkan peralaratan rumah dan masak plus makan hingga bersih.

Semoga bermanfaat info dari kami. Selamt mencoba utamakan kesehatan dan kebersihan jika inginkan sehat. Terima kasih.

 

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *