Waspadai Penyakit Yang Menyerang Usus Kita

radang usus

radang usus

Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi menampung limbah makanan yang masuk ke dalam sistem percernaan. Usus juga salah satu organ tubuh yang sangat penting karena secara aktif menyerap, mengeluarkan serta mengatur metabolisasi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena fungsi usus sangat vital, maka sudah seharusnya kita menjaga kesehatan. Usus juga adalah bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung hingga anus.

Penyakit yang biasa terjadi di usus kita biasanya adalah radang usus atau kolitis. Dimana usus kecil maupun di usus besar mengalami peradangan, luka, infeksi,pendarahan atau pembekakan dan terisi oleh nanah. Sehingga dapat menyebabkan kram pada perut maupun diare berdarah. Radang usus biasanya disebabkan oleh terganggunya sistem kekebalan tubuh. Pada umumnya menyerang usia remaja hingga dewasa pada usia 15-30 tahun.

Kenali gejala penyakit ini karena penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menyebar kebeberapa organ lainnya bila tidak segera di obati.

* Biasanya diawali dengan nyeri yang menyiksa dimulai dari sekitar pusar sampai ke perut kanan bagian bawah yang perlahan-lahan akan semakin menyakitkan ketika buang air besar.

* Demam tinggi dan badan menggigil karena terjadi diare yang hebat. Sehingga mengalami penurunan Berat badan dan nafsu makan berkurang.

* Terdapat benjolan pada perut sehingga perut merasa mual-mual

* Anemia sehingga Tubuh sangat mudah lelah ketika melakukan aktivitas yang agak berat. Kadang rasa lelah tersebut diikuti dengan sesak nafas dan pusing yang amat sangat.

* Pada fase yang parah terjadi pendarahan pada rectum. Pendarahan ini disebabkan oleh tekanan pada usus dan lambung.

Apabila radang usus sudah kronis, gejala yang ditimbulkan akan seperti sakit maag dan terjadi pada daerah sekitar pusar. Selain itu, gejala yang sangat menyiksa adalah terjadinya pendarahan saat buang air besar. Feses yang keluar selain terdapat bercak darah juga tampak encer dan berlendir. Biasanya gejala tersebut disertai dengan kelelahan fisik dan kekurangan cairan karena seringnya buang air besar, yaitu terjadi sekitar 15-20 kali sehari.

Penyebab radang usus ini biasanya karena pola makan yang tudak sehat dan tingkat stres seseorang yang lagi memuncak. Kurangnya mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan setres itu membuat menurunkan kekebalan tubuh seseorang. Bila kurang serat juga bisa terjadi sembelit itu bisa memicu radang pada dinding usus. Penyebab lainnya bisa terjadi infeksi bakteri dalam usus.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *